Senin, 18 Januari 2021 13:37

Genbi Komisariat IAIN Kediri Latih Petani Kopi Lereng Kelud

Kamis, 19 November 2020 10:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Genbi Komisariat IAIN Kediri Latih Petani Kopi Lereng Kelud
Suasana pelatihan tentang sistem pertanian, pengolahan, hingga pemasaran kopi yang diselenggarakan mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Genbi) Komisariat IAIN Kediri. (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan petani kopi di lereng Gunung Kelud Kabupaten Kediri mengikuti pelatihan tentang sistem pertanian, pengolahan, hingga pemasaran kopi yang diselenggarakan mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Genbi) Komisariat IAIN Kediri. Pelatihan digelar di Rumah Kopi, Dusun Laharpang, Desa Puncu, Kabupaten Kediri.

Ada tiga puluh orang petani kopi yang mengikuti pelatihan ini. Mereka secara khusus dilatih oleh dua orang pakar kopi, yakni Bambang Sriono dan Zainudin.

Keduanya memberikan ilmu tentang tata cara budidaya, pengolahan, hingga pemasaran kopi dengan kualitas dan nilai ekonomi yang tinggi.

"Pelatihan ini penting untuk mendorong kualitas kopi di Lereng Kelud agar mampu bersaing di pasar regional bahkan hingga internasional," ujar Rini Isnaini, dari Genbi Komisariat IAIN Kediri.

Sementara itu Sudarmono, salah satu petani mengatakan materi pelatihan yang disampaikan dua pakar tersebut cukup membuka wawasan mereka yang selama ini masih menggunakan cara-cara tradisional.

Baik dalam hal petik maupun penyimpanan, yang cenderung mempengarungi kualitas kopi yang dihasilkan. Menurutnya, petani memiliki andil 70 persen dalam menentukan aroma dan cita rasa kopi yang nikmat.

Sementara itu, Hengky Dwi Setyawan, Kepala Desa Puncu, Kecamatan Puncu mengapresiasi kegiatan yang merupakan rangkaian dari road to pengukuhan Genbi Komisariat IAIN Kediri ini. Menurutnya, ini bisa menjadi momentum kebangkitan kopi di lereng Kelud yang meredup sejak periode 90an.

Selain pelatihan, Genbi juga membagikan 200 paket sembako untuk warga di lima dusun Desa Puncu Kabupaten Kediri. Melalui bantuan ini, Genbi ingin turut meringankan beban warga yang terdampak ekonomi dari pandemi Covid-19 ini.

Karena dilaksanakan di tengah pandemi, kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker atau pelindung wajah serta mengatur jarak, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. (adv/kominfo)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...