Rabu, 04 Agustus 2021 05:51

Inilah Potensi Geopark Tulungagung yang Diusulkan Jadi Geopark Nasional

Minggu, 15 November 2020 17:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Feri Wahyudi
Inilah Potensi Geopark Tulungagung yang Diusulkan Jadi Geopark Nasional

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 10 Geoheritage dan 13 keragaman budaya (Cultural Diversity) dan 4 keragaman hayati (Bio Diversity) telah diusulkan menjadi Geopark Nasional.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Tulungagung turut terlibat dalam kajian penelitian, kemudian dijadikan dasar usulan geoheritage dan Geopark Tulungagung agar mendapatkan pengakuan resmi, bahwa harta karun terpendam dari taman bumi Tulungagung ini layak sebagai ikon Geopark Nasional.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung, Maryani, sebanyak 27 potensi geopark yang telah diusulkan ke pemerintah pusat.

"Dalam kajian penelitian teridentifikasi 10 Geoheritage dan terdapat pula 13 Cultural Diversity, 4 Bio Diversity tertuang dalam naskah akademik usulan geoheritage dan geopark Tulungagung ke Pemerintah Pusat untuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional," katanya pada kegiatan seminar nasional di gedung pertemuan Hotel Crown Victoria, pada Kamis (12/11).

BACA JUGA : 

Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan Ribuan Benih Lobster Jenis Pasir dan Mutiara

Launching Desa Wisata Zona KIP, Khofifah Bantu Modal Untuk 200 BUM Desa di Jatim

Densus 88 Mabes Polri Kembali Menangkap Dua Terduga Teroris di Jatim

​Imigrasi Blitar Deportasi WNA Taiwan, Asalnya WNI Tulungagung

Maryani menjelaskan bahwa, geopark merupakan sebuah konsep pengembangan wisata baru yang mengacu pada kawasan yang dapat memberikan pengaruh konservasi, edukasi, dan kesejahteraan masyarakat.

"Pada kesempatan pelaksanaan seminar geopark Tulungagung ini, kami sekaligus memperkenalkan potensi Geopark Tulungagung hasil kajian kerja sama dengan tim ahli geologi dan geopark dari UPN Veteran Yogyakarta," terangnya.

Terpisah, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menyampaikan keikutsertaan Kabupaten Tulungagung untuk menjadi geoheritage supaya ada kawasan yang harus tetap dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Menurutnya, Kabupaten Tulungagung mempunyai beragam potensi alamnya, potensi fosil purba, cagar budaya, dan lain sebagainya, yang masuk dalam kategori untuk menjadi Geopark Nasional.

"Kabupaten Tulungagung sepatutnya menjadi kawasan geopark, dengan adanya potensi geoheritage, cultural diversity dan bio diversity, dan kini masih dalam proses pengajuan ke pemerintah pusat, harapan dapat disetujui," terangnya.

Sementara itu, berdasarkan data Tim Bidang Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Pembangunan Bappeda Kabupaten Tulungagung, tercatat bahwa ada 10 site geoheritage Tulungagung yang menjadi prioritas untuk ditetapkan sebagai geoheritage Kabupaten Tulungagung.

Kesepuluh site geoheritage tersebut antara lain; Gunung Api Purba Gunung Budheg, Telaga Patahan Buret, Goa Sungai Bawah Tanah Goa Tenggar, Ganesa Pegunungan Marmer, Tambang Batu Lazuli Watu Ijo, Jajaran Goa Wajakensis, Terowongan Batu Gamping Niyama, Pantai Laguna Kedung Tumpang, Pantai Patahan Pantai Sanggar (Penyu), Air Terjun Patahan Tretes Lereng Gunung Wilis.

Perlu diketahui, pada kesempatan seminar, diserahkan naskah akademik usulan geoheritage dan geopark Kabupaten Tulungagung kepada Aries, selaku perwakilan dari Pusat Survei Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM. Selanjutnya dokumen akan diverifikasi oleh tim terkait dan segera akan dilakukan penilaian lapangan.

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...