Sabtu, 17 April 2021 20:41

Inilah Potensi Geopark Tulungagung yang Diusulkan Jadi Geopark Nasional

Minggu, 15 November 2020 17:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Feri Wahyudi
Inilah Potensi Geopark Tulungagung yang Diusulkan Jadi Geopark Nasional

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 10 Geoheritage dan 13 keragaman budaya (Cultural Diversity) dan 4 keragaman hayati (Bio Diversity) telah diusulkan menjadi Geopark Nasional.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Tulungagung turut terlibat dalam kajian penelitian, kemudian dijadikan dasar usulan geoheritage dan Geopark Tulungagung agar mendapatkan pengakuan resmi, bahwa harta karun terpendam dari taman bumi Tulungagung ini layak sebagai ikon Geopark Nasional.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung, Maryani, sebanyak 27 potensi geopark yang telah diusulkan ke pemerintah pusat.

"Dalam kajian penelitian teridentifikasi 10 Geoheritage dan terdapat pula 13 Cultural Diversity, 4 Bio Diversity tertuang dalam naskah akademik usulan geoheritage dan geopark Tulungagung ke Pemerintah Pusat untuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional," katanya pada kegiatan seminar nasional di gedung pertemuan Hotel Crown Victoria, pada Kamis (12/11).

BACA JUGA : 

Densus 88 Mabes Polri Kembali Menangkap Dua Terduga Teroris di Jatim

​Imigrasi Blitar Deportasi WNA Taiwan, Asalnya WNI Tulungagung

Raih Penghargaan Nasional, Kabupaten Madiun dan Tulungagung Tercepat Penyaluran Dana Desa 2021

​Mobil Ambulans RSUD dr Iskak Tulungagung Tabrak Pemotor di Selopuro Blitar, 2 Luka Ringan

Maryani menjelaskan bahwa, geopark merupakan sebuah konsep pengembangan wisata baru yang mengacu pada kawasan yang dapat memberikan pengaruh konservasi, edukasi, dan kesejahteraan masyarakat.

"Pada kesempatan pelaksanaan seminar geopark Tulungagung ini, kami sekaligus memperkenalkan potensi Geopark Tulungagung hasil kajian kerja sama dengan tim ahli geologi dan geopark dari UPN Veteran Yogyakarta," terangnya.

Terpisah, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menyampaikan keikutsertaan Kabupaten Tulungagung untuk menjadi geoheritage supaya ada kawasan yang harus tetap dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Menurutnya, Kabupaten Tulungagung mempunyai beragam potensi alamnya, potensi fosil purba, cagar budaya, dan lain sebagainya, yang masuk dalam kategori untuk menjadi Geopark Nasional.

"Kabupaten Tulungagung sepatutnya menjadi kawasan geopark, dengan adanya potensi geoheritage, cultural diversity dan bio diversity, dan kini masih dalam proses pengajuan ke pemerintah pusat, harapan dapat disetujui," terangnya.

Sementara itu, berdasarkan data Tim Bidang Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Pembangunan Bappeda Kabupaten Tulungagung, tercatat bahwa ada 10 site geoheritage Tulungagung yang menjadi prioritas untuk ditetapkan sebagai geoheritage Kabupaten Tulungagung.

Kesepuluh site geoheritage tersebut antara lain; Gunung Api Purba Gunung Budheg, Telaga Patahan Buret, Goa Sungai Bawah Tanah Goa Tenggar, Ganesa Pegunungan Marmer, Tambang Batu Lazuli Watu Ijo, Jajaran Goa Wajakensis, Terowongan Batu Gamping Niyama, Pantai Laguna Kedung Tumpang, Pantai Patahan Pantai Sanggar (Penyu), Air Terjun Patahan Tretes Lereng Gunung Wilis.

Perlu diketahui, pada kesempatan seminar, diserahkan naskah akademik usulan geoheritage dan geopark Kabupaten Tulungagung kepada Aries, selaku perwakilan dari Pusat Survei Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM. Selanjutnya dokumen akan diverifikasi oleh tim terkait dan segera akan dilakukan penilaian lapangan.

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...