Sabtu, 28 November 2020 03:28

Kisah Asmara Presiden Joe Biden, Empat Kali Ditolak Lamar Janda Muda

Rabu, 11 November 2020 08:40 WIB
Editor: mma
Kisah Asmara Presiden Joe Biden, Empat Kali Ditolak Lamar Janda Muda
Presiden AS Joe Biden dan istrinya, Prof. Dr. Jill Biden. foto: AFP/ tribun jogja-tribunnews

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Karir politik Joe Biden benar-benar meroket! Bak meteor! Pria berusia 77 tahun itu bakal menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46, setelah mengalahkan calon presiden petahana Donald Trump.

Tapi siapa sangka kehidupan asmaranya penuh liku. Ia ditolak saat melamar janda muda bernama Jill. Tak main-main. Ia ditolak hingga empat kali.

“Dilamar lagi. Ditolak lagi. Lamaran ketiga pun ditolak. Juga lamaran keempat,” tulis Dahlan Iskan dalam Disway, hari ini, Rabu (11/11/2020). Tulisan Dahlan Iskan ini juga dimuat tiap hari di HARIAN BANGSA, koran yang beredar di seluruh Jawa Timur.

Kenapa janda itu menolak? Menurut Dahlan, wanita muda itu tak mau politik dan juga trauma. “Jill masih trauma dengan perceraiannyi. Lebih lagi Jill tidak suka politik,” tulis mantan Menteri BUMN era Presiden Susilo Bambang Yuhoyono itu.

Lalu bagaimana sikap Biden? “Akhirnya Biden memutuskan untuk melamar yang kelima kalinya: kalau kali ini juga ditolak tidak akan melamarnyi lagi,” tulis Dahlan Iskan yang dikenal sebagai wartawan handal.

(Dahlan Iskan. foto: istimewa)

Jill memang belum lama cerai saat dilamar Biden. Jill kawin terlalu muda: ketika masih di SMA. Jill tidak mengira berumah tangga itu begitu sulitnya. Suaminyi melirik wanita lain. Mereka bercerai.

Sekarang mantan suami Jill itu membuka bar di daerah Virginia. Sejak lama sekali. Masih eksis sampai sekarang.

Tapi, tulis Dahlan Iskan, akhirnya hati Jill pun cair. Jill menerima lamaran Biden yang kelima itu.

Syaratnya: Jill tetap boleh menjadi dirinyi sendiri. Biden setuju. Jadilah Jill istri Biden. Hingga sekarang. 

Jill adalah istri kedua Biden. Istri pertamanya meninggal karena kecelakaan. Menurut Dahlan, ketika anak ketiganya lahir (dari istri pertama) Biden sudah sibuk sebagai senator di Washington. Menjelang hari Natal, istri Biden belanja keperluan Natal. Naik mobil sendiri. Anaknyi yang masih bayi diajak serta di dalam mobil.

Setelah membeli pohon Natal, istri Biden pulang. Di perjalanan pulang itulah mobilnya tabrakan dengan truk. Sang istri tewas. Demikian juga si bayi.

Hati Biden sedih luar biasa. Sejak itu ia jadi ayah sekaligus ibu. Bagi dua anaknya yang masih kecil-kecil. 

Lima tahun kemudian Biden mendapatkan orang yang mau merawat dua anaknya itu. Namanya Jill. Wanita inilah yang kemudian jadi istrinya hingga ia terpilih sebagai presiden.    

Jill adalah seorang pendidik yang sangat mencitai profesinya. “Hati Jill adalah di bidang pendidikan. Dia guru SMA. Untuk mata pelajaran bahasa Inggris dan membaca. Dia merasa di situlah passion-nyi,” tulis Abah – panggilan Dahlan Iskan di lingkungan orang-orang dekatnya.

(Jill Biden. foto: AP/Andrew Harnik/CNN)

Maka – tulis Dahlan lebih lanjut - ketika Biden terus menjadi Senator, Jill terus mengajar. Bahkan Jill ingin meraih gelar doktor. Berhasil. Lalu ingin jadi profesor. Berhasil. Jadilah ia, Prof. Dr. Jill Biden

Ketika Biden menjadi Wakil Presiden Amerika, Jill tetap menjadi dosen. Baru kali itu terjadi: istri wakil presiden Amerika punya pekerjaan tetap.

Saat mengajar pun Jill tidak mau memperkenalkan diri siapa dia sesungguhnya. Di kampus namanyi hanya dikenal sebagai Dr. B.

Kabarnya, Jill ngotot akan tetap mengajar selama jadi First Lady nanti. Kalau itu terjadi sekali lagi terjadi sejarah baru: First Lady punya pekerjaan tetap.

Coba lihatlah sekali lagi baju Jill saat mendampingi suami setelah pidato kemenangan tiga hari lalu. Baju itu jauh dari baju seorang first lady. Apalagi kalau dibandingkan dengan Melania Trump.

“Baju yang dikenakan Jill malam itu sangat baju seorang dosen,” tulis Dahlan Iskan. (mma)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...