​Kenang Resolusi Jihad, Partai Gelora Sambangi Museum NU di Hari Pahlawan

​Kenang Resolusi Jihad, Partai Gelora Sambangi Museum NU di Hari Pahlawan Ketua Umum DPN Partai Gelora, Anis Matta melihat koleksi di Museum NU. (foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Memperingati 10 November dan mengenang Resolusi Jihad, rombongan DPP Indonesia berkunjung ke Museum Nahdlatul Ulama (NU) Jalan Gayungan Timur Surabaya. Rombongan DPP dipimpin langsung oleh Ketua Umum , Anis Matta.

Anis menjelaskan, kunjungan ini menjadi cara memperingati . Apalagi punya benang merah dengan . Sebab, Gelora yang didirikan sebagai partai pada 28 Oktober 2019, deklarasinya dilangsungkan pada 10 November 2019.

"Hari ini adalah momentum paling emosional dalam sejarah bangsa Indonesia. Pekik takbir Bung Tomo dan Resolusi Jihad dari NU menjadi lambang cinta tanah air atau semangat nasionalisme dan keyakinan agama dengan semangat jihad menyatu," kata Anis, Selasa (10/11/2020).

Wakil Ketua DPR RI Periode 2009-2013 ini mengungkapkan, bangsa Indonesia sudah sangat dewasa dalam bernegara. Karena itu, sejak dahulu hingga sampai kapan pun, tak ada yang bisa memisahkan antara agama dan nasionalisme.

Oleh karena itu, kunjungan ke Museum NU ini sekaligus meneladani semangat para pahlawan dari nahdliyin. Sebab, di sinilah saksi sejarah sekaligus spirit perjuangan para nahdliyin tersimpan.

"Ketika ada fatwa Hadratus Syekh bahwa membela tanah air merupakan jihad, ini momentum emosional," kata Deklarator Partai Keadilan ini.

Anis menambahkan, pihaknya hadir di Museum NU untuk memperingati dan membangun kembali semangat kepahlawanan. Sebab, saat ini, terutama ketika menghadapi krisis, membutuhkan semangat nasionalisme baru.

"Asasnya, cinta tanah air, keyakinan agama, dan cita-cita bangsa. Gunanya mengenang sejarah, supaya kita bisa mendapatkan inspirasi untuk mewujudkan Indonesia, menjadi lima besar dunia," terangnya.

Dalam kunjungan ke Museum NU, Anis Matta didampingi sejumlah pengurus DPP lain yang turut hadir, di antaranya Sekretaris Jenderal DPP Mahfudz Siddiq. Sementara dari pengurus Jawa Timur, Ketua DPW Gelora Indonesia Jawa Timur, M. Sirot dan Misbahul Munir, Sekretaris DPW Jatim ikut mendampingi.

Tiba di museum yang berlokasi di Gayungan sekitar pukul 15.00 WIB, rombongan lantas melihat koleksi museum. Di antaranya, foto pendiri NU seperti Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari, Kiai Abdul Wahab Chasbullah, dan beberapa tokoh NU lainnya. (mdr/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO