Minggu, 07 Maret 2021 12:28

​Terus Ditunda, Persik Kediri Khawatir Nasib Liga 1

Kamis, 05 November 2020 16:44 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Terus Ditunda, Persik Kediri Khawatir Nasib Liga 1

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penundaan kompetisi yang terjadi berulang kali, membuat Persik Kediri khawatir dengan nasib Liga 1. Karenanya, Manajemen Macan Putih mempertanyakan komitmen operator liga dalam menyelenggarakan kompetisi. Terutama soal jaminan kepastian liga bisa bergulir kembali awal tahun depan.

Menurut Presiden Klub Persik Kediri, Abdul Hakim Bafagih, PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum bisa memberikan jaminan kompetisi bakal berjalan lagi awal 2021. Hal itu seperti tertuang dalam surat yang dikirimkan kepada klub pada Senin (2/11/2020) lalu.

"Surat bernomor 394/LIB-KOM/XI/2020 itu berisi 8 poin keputusan. Kami masih menilai beberapa poin belum bisa memberikan kepastian kelanjutan kompetisi," ujar Hakim, Kamis (5/11//2020).

Memang, lanjut Hakim, PT LIB telah memutuskan kompetisi musim ini akan berubah titel menjadi Liga 1 2020/2021. Kompetisi tersebut dijadwalkan dimulai pada Februari-Juli 2021. Hanya saja, ada sejumlah poin yang masih mengganjal.

Salah satunya, menurut Hakim adalah pemberian hak komersial klub. Di poin 6 disebutkan, setiap klub akan menerima hak komersial bulan Oktober 2020 sampai Januari 2021 sebesar 25 persen dari nilai yang seharusnya. Pencairannya direncanakan setiap bulan. Namun, pembayarannya akan dilakukan saat kompetisi berjalan.

"Seharusnya hak komersial di bulan tersebut diberikan sebelum kompetisi. Jika tidak, itu menunjukkan PT LIB belum bisa memberikan jaminan kompetisi berjalan sesuai jadwal," tandasnya.

Ia menambahkan, pemberian hak komersial dalam masa persiapan kompetisi sangat lumrah dilakukan. Klub bisa menggunakan budget-nya untuk mempersiapkan tim selama empat bulan. Setelah itu, pencairan bisa dilakukan ketika liga sudah berjalan.

Hakim tidak ingin kejadian yang sama terulang lagi. Seperti diketahui, sebelumnya Persik sudah melakukan persiapan dari Agustus-September 2020. Namun, tiba-tiba kompetisi musim ini ditunda tahun depan.

"Selama persiapan tim, klub mengeluarkan biaya yang tidak kecil. Jadi jangan sampai anggaran klub hanya habis untuk persiapan tetapi kompetisinya tidak berjalan," ucapnya.

Hakim mengatakan, PSSI dan PT LIB harus sudah memikirkan format kompetisi musim berikutnya. Itu penting bagi klub untuk melakukan perencanaan jangka panjang dalam bisnis sepak bola.

"Kita harus membiasakan perencanaan jangka panjang, sehingga klub memiliki program yang bisa dirancang jauh-jauh hari," pungkas Hakim. (uji/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 07 Maret 2021 10:03 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kali ini Dahlan Iskan, wartawan kondang itu, menulis tentang ambisi Tiongkok menjadi negara nomor 1 di dunia. Mengalahkan Amerika Serikat. Pada tahun 2035. Termasuk mencaplok Taiwan. Dengan cara kekerasan sekalipun.Un...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...