Sate Emprit Mbah Darmo Kediri, Dipercaya Sembuhkan Lemah Jantung dan Tambah Stamina

Sate Emprit Mbah Darmo Kediri, Dipercaya Sembuhkan Lemah Jantung dan Tambah Stamina Linda dan Novi sedang menikmati sate emprit pesanannya. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ada beragam kuliner sate hadir di tengah-tengah masyarakat. Yang paling populer tentu sate ayam. Disusul kemudian sate kambing, sate kelinci, hingga sate lele. Namun, di Kediri ada sate yang cukup unik dan tidak lazim, yakni sate burung emprit atau biasa disebut sate manuk emprit.

Burung emprit atau burung pipit adalah burung kecil pemangsa padi di sawah. Burung mungil yang merupakan salah satu hama padi ini sebenarnya cukup menarik untuk dibahas. Selain banyak juga yang berminat ingin membudidayakan burung emprit tersebut, ada juga yang menyulap burung kecil tapi lincah itu menjadi kuliner unik, yaitu sate burung emprit.

Di Dusun Ngrancangan, Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri berdiri sebuah Depot Pak Damor. Depot yang berlokasi di timur Wisata Simpang Lima Gumul (SLG) ini menyediakan sate burung emprit, yaitu Depot Sate Emprit Mbah Darmo.

Selain rasanya yang lezat, sate emprit ini juga dipercaya punya manfaat bagi kesehatan. Yakni dipercaya bisa menyembuhkan lemah jantung serta menambah stamina bagi tubuh.

Pemilik depot sate emprit Darmiyanto mengaku, membuka depot sate emprit sejak tahun 2006 yang lalu. Awal berdirinya depot sate emprit, Darmiyanto memanfaatkan burung emprit yang meresahkan petani. Karena burung emprit adalah salah satu musuh para petani Kediri, yang memakan padi milik petani Kediri.

"Cara menangkap burung emprit yakni dengan membuat jebakan di sawah-sawah menggunakan jaring-jaring, yang ditaruh di atas tanaman padi milik petani," terang Darmiyanto, Selasa (3/11/2020).

Selanjutnya, burung emprit yang terjaring dimasak dan diolah menjadi sate emprit. Selain diolah menjadi sate, burung emprit ini juga diolah sebagai masakan krengsengan emprit, steak emprit, atau emprit goreng.

Simak berita selengkapnya ...