Senin, 25 Januari 2021 04:32

Menikmati ​Serunya Memberi Makan Lemur di Batu Secret Zoo Jatim Park 2

Minggu, 01 November 2020 11:55 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Agus Salimullah
Menikmati ​Serunya Memberi Makan Lemur di Batu Secret Zoo Jatim Park 2
Keseruan pengunjung saat berinteraksi dengan cara memberikan pakan lemur. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Perayaan Hari Lemur Sedunia di Batu Secret Zoo Jatim Park 2 Kota Batu yang berlangsung sejak Sabtu (31/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020), diwarnai dengan keseruan pengunjung saat berinteraksi dengan cara memberikan pakan lemur.

Edo Mayranda, Supervisor Guest Relation Officer Jatim Park 2 mengatakan, dalam perayaan Hari Lemur Dunia, selain memberi edukasi tentang satwa dari ordo primata ini, Batu Secret Zoo juga mengajak para pengunjung untuk mengenal lemur melalui kegiatan "Madagascarian Parade".

"Salah satu rangkaian acara, yakni dengan menyiapkan makanan untuk lemur yang berada di area Lemur Kingdom. Pengunjung dapat berinteraksi dengan 32 ekor lemur dari 6 spesies," ujarnya, Minggu (1/11/2020).

Dari 6 spesies lemur tersebut, yakni black lemur ada 4 ekor betina 1 ekor jantan, red ruffed lemur terdapat 2 ekor betina 1 ekor jantan, brown lemur 4 ekor betina 2 ekor jantan, black and white lemur 2 ekor betina 2 ekor jantan, red collared lemur 2 ekor betina 2 ekor jantan, dan ring-tailed lemur 2 ekor betina 7 ekor jantan.

"Lemur saat ini merupakan satwa endemik Madagaskar yang status konservasinya sangat kritis. Kehilangan habitat menjadi alasan utama berkurangnya populasi mereka. Memandang hal tersebut, menyebarkan edukasi konservasi lemur sangatlah penting," jelasnya.

Ia menerangkan bahwa hal ini dilakukan, mengingat primata yang paling terancam punah di dunia ini menjadi satwa kebanggaan negara yang memiliki kemiripan budaya dengan Indonesia.

Karena itu, lanjutnya, Jawa Timur Park 2 turut mendukung program pelestarian lemur. Salah satu upaya ini diwujudkan dalam program breeding internasional melalui European Endangered Species Programmes (EEP) yang dicanangkan EAZA (European Association of Zoos and Aquaria), salah satu asosiasi yang concern dalam upaya pelestarian satwa-satwa khususnya satwa yang terancam punah yang ada di kebun binatang seluruh dunia.

"Sebagai kebun binatang kedua di Asia yang memiliki black lemur, Batu Secret Zoo juga menjadi kebun binatang di Indonesia yang memiliki spesies lemur terbanyak dan salah satu kebun binatang dengan jumlah spesies lemur paling banyak di Asia Tenggara," ungkap Edo. (asa/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...