Dapat Tambahan Air Umbulan 1.000 Liter per Detik, PDAM Gresik Komitmen Perluas Layanan

Dapat Tambahan Air Umbulan 1.000 Liter per Detik, PDAM Gresik Komitmen Perluas Layanan Dirut PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah ketika mengecek recervoir di Giri I, Putri Cempo, Kecamatan Kebomas. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dirut PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariyah memastikan cakupan layanan pelanggan PDAM pada tahun 2023 akan makin luas. Hal ini setelah PDAM Gresik melakukan kerja sama penyediaan air bersih dengan SPAM Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur.

"Ke depan masyarakat Gresik tidak akan kekurangan air lagi. Pasalnya pada tahun 2021, 2022, dan 2023 PDAM Gresik sudah mendapat kepastian pasokan air umbulan sampai 1.000 liter per detik," ujar Dirut PDAM Gresik Siti Aminatus Zariyah kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (29/12020).

Riza, begitu sapaan akrabnya, mengungkapkan PDAM Gresik mulai mendapatkan pasokan air dari SPAM Umbulan sejak Juni 2020. "Tahap awal di tahun 2020 ini pasokan air dari SPAM Umbulan sebesar 300 liter per detik," jelasnya.

Jumlah pasokan air dari Umbulan ini akan diperbesar setiap tahun yang selanjutnya menjadi 600 liter per detik tahun 2021, dan di tahun 2023 menjadi 1.000 liter per detik. "Air umbulan ini untuk mencukupi kebutuhan air di wilayah perkotaan sampai nantinya ke wilayah Kecamatan Duduksampeyan. Sedangkan kebutuhan air di Gresik wilayah Utara dicukupi air dari Bendung Gerak Sembayat (BGS)," terang Riza.

Untuk menampung dan membagi air yang dari Umbulan tersebut, pihak PDAM sudah membangun tandon yang ditempatkan di reservoir Giri I di areal Bukit Putri Cempo Giri Kecamatan Kebomas.

"Tandon reservoir yang dibiayai APBN sudah siap, saat ini tengah dalam tahap uji rendam. Kalau sudah usai tahap uji rendam ini, pasokan air yang dari Umbulan bisa lebih dioptimalkan," katanya.

Menurut dia, tandon yang dibangun di reservoir Giri I ini cukup besar. Tandon yang baru selesai tahun 2019 lalu itu berkapasitas 6.000 m3.

Sementara untuk kebutuhan air di wilayah Gresik Selatan, Riza mengatakan selama ini mendapat pasokan dari PT Dewata Bangun Tirta dan PT Drupadi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO