Rabu, 04 Agustus 2021 07:07

Alun-alun Desa Diharap Mampu Dongkrak Ekonomi Warga di Tengah Pandemi

Rabu, 28 Oktober 2020 16:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Alun-alun Desa Diharap Mampu Dongkrak Ekonomi Warga di Tengah Pandemi
Peresmian Alun-alun Desa Karangagung ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Pandemi Covid-19 menuntut seluruh lapisan masyarakat untuk terus berinovasi. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dengan membangun alun-alun desa, Rabu (28/10/2020). Tempat tersebut diharapkan menjadi pusat pertemuan warga guna mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

Alun-alun Desa Karangagung ini diresmikan oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda ditandai dengan penandatanganan prasasti. Dalam sambutannya, Bupati Huda mengaku bangga atas diresmikanya Alun-alun Desa Karangagung.

Menurutnya, pembangunan alun-alun tersebut menjadi salah satu wujud kepedulian dan keberhasilan kepala desa, perangkat desa, dan dukungan warga Karangagung. Bupati Huda yakin keberadaan Alun-alun Desa Karangagung bakal memiliki fungsi yang beragam.

"Selain menjadi tempat rekreasi, juga mampu menciptakan lapangan kerja baru, sekaligus menggerakkan ekonomi warga. Karenanya, dapat dicontohkan desa lain di Tuban," ungkapnya.

BACA JUGA : 

Terdampak PPKM, Anggaran Bansos Untuk PKL di Tuban Baru Diusulkan di APBD

Nakes di Tuban Segera Terima Vaksin Dosis Ketiga

Bupati Tuban Temukan Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos

Terkait Temuan Mensos Risma Soal BPNT yang Hanya Cair 2 Bulan, Begini Tanggapan Kadinsos P3A Tuban

Bupati Huda juga berharap tiap-tiap desa bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Sebab, desa menjadi ujung tombak pembangunan daerah.

"Selama ini Pemkab Tuban selalu memberikan perhatian pada pembangunan desa. Di antaranya, meningkatkan kesejahteraan kepala desa dan perangkat desa, mendaftarkan perangkat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didanai APBDes. Kabupaten Tuban menjadi yang pertama mendaftarkan perangkat desanya yang didanai APBDes," jelasnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Tuban berkomitmen mencairkan Dana Desa (DD) di awal tahun dengan tujuan mempercepat upaya membangun desa sehingga perputaran uang di desa terjadi lebih awal. Selain itu, terus meningkatkan infrastruktur jalan poros desa maupun kabupaten, dengan tujuan memudahkan mobilitas masyarakat dan memaksimalkan pergerakan perekonomian masyarakat.

"Terima kasih kepada masyarakat Tuban yang selalu mendukung program pemerintah daerah. Tidak hanya itu, kerukunan antar masyarakat terjaga yang ditunjukkan dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama mencapai poin 80, lebih tinggi dari standar nasional," tuturnya. 

Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto, menyebutkan pembangunan Alun-alun Desa Karangagung beserta kelengkapannya menelan biaya kurang lebih Rp 2 Milyar yang bersumber dari Dana Desa Karangagung. Pembangunan Alun-alun diharapkan menjadi icon desa, yang menggambarkan mayoritas warga berprofesi menjadi nelayan.

"Semoga dengan tempat ini dapat dimanfaatkan warga untuk berekreasi, dan tempat bertemunya antar warga, sehingga mampu meningkatkan ekonomi warga desa. Kami sampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Bupati. Ini menjadi kebanggaan bagi kami,” ujarnya. (gun)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...