Jurnalis Seblang.com Dapat Perlakuan Tak Menyenangkan dari Polisi Saat Liput Unjuk Rasa

Jurnalis Seblang.com Dapat Perlakuan Tak Menyenangkan dari Polisi Saat Liput Unjuk Rasa Erwin Yudianto, S.H., Pimpinan Seblang.com, juga Kepala Biro Koran HARIAN BANGSA dan Mediia Siber BANGSAONLINE.com Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Jurnalis seblang.com, Wimbo, mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari aparat kepolisian . Ia dilarang merekam saat para petugas polisi mengamankan beberapa massa aksi unjuk rasa yang diduga provokator di depan Gedung DPRD Banyuwangi, Senin (26/10/2020).

Selain melarang untuk mengabadikan momen unjuk rasa, oknum polisi lainnya juga berusaha merebut handphone milik jurnalis asal Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi ini. "Saya dilarang merekam oleh oknum polisi. Padahal saya sudah menunjukkan identitas saya sebagai jurnalis. Bahkan salah satu oknum polisi mencoba merebut handphone saya," kata Wimbo.

Menanggapi hal tersebut, Erwin Yudianto, S.H. selaku pimpinan seblang.com  mengecam dan memprotes langkah oknum kepolisian di Banyuwangi yang menghalangi kerja wartawan saat meliput aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja jilid tiga tersebut.

"Kejadian pelarangan merekam ini, bukan hanya bentuk intimidasi kepada jurnalis, tapi sudah pelecehan profesi terhadap jurnalis, karena oknum petugas berusaha merebut HP milik jurnalis kami," kata Erwin.

Erwin menilai, sikap aparat kepolisian itu melanggar Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers, khususnya dalam Pasal 18 yang menyebut, setiap orang yang menghalangi kebebasan pers diancam penjara maksimal dua tahun, dan denda maksimal Rp500 juta.

"Dengan kejadian ini, kami mengecam tindakan represif oknum aparat Kepolisian kepada jurnalis yang sedang menjalankan tugas peliputan," tegasnya.

"Kami meminta kepada Kapolresta Banyuwangi untuk menindak tegas oknum aparat tersebut dan meminta permohonan maaf secara terbuka," pungkas Erwin yang juga Kepala Kantor BANGSAONLINE.com dan koran HARIAN BANGSA Biro Banyuwangi. (guh/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO