Kamis, 26 November 2020 03:05

Tak Terima Bantuan Sejak Februari, KPM PKH di Karang Gupito Ngawi Protes

Kamis, 22 Oktober 2020 00:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zainal Abidin
Tak Terima Bantuan Sejak Februari, KPM PKH di Karang Gupito Ngawi Protes

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Dusun Duwet Desa Karang Gupito, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi mengeluhkan tak cairnya bansos sejak bulan Februari 2020.

"Saya mulai bulan Februari mendadak tidak menerima bantuan yang biasanya diterima setiap tiga bulan sekali," jelas salah satu KPM PKH pada BANGSAONLINE.com.

Ia mengaku tak tahu penyebab tak cairnya bansos tersebut. Padahal, saat ini ia masih memiliki dua anak sekolah sebagai penerima manfaat. Menurutnya, ada empat orang di kelompoknya yang tidak menerima bansos sejak bulan Februari lalu.

"Kalau di kelompok saya ada empat orang yang tidak menerima secara mendadak ini," ujar KPM yang meminta namanya tak ditulis tersebut.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Anita, Kasi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Ngawi mengaku belum menerima laporan adanya KPM yang bansosnya tak cair. Sebab, selama ini bantuan tersebut langsung cair melalui rekening BNI masing-masing KPM.

"Kalau tidak menerima sepertinya tidak mungkin, karena uang langsung masuk ke rekening pribadi," terang Anita saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Namun demikian, Anita berjanji akan melakukan kroscek melalui pendamping PKH yang ada.

Ia menjelaskan, di program PKH memang ada pemutusan bansos yang disebut graduasi mandiri dan graduasi otomatis. "Yang dimaksud dengan graduasi mandiri yaitu penerima manfaat mengundurkan diri secara pribadi dari program PKH. Sedangkan graduasi otomatis salah satunya penerima manfaat tidak memiliki anak yang masih kecil atau sekolah," jelasnya.

"Kalau terjadi graduasi, penerima manfaat akan diberitahu oleh pendamping di desa. Untuk masalah ini kita coba telusuri melalui pendamping," pungkasnya. (nal/ros/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...