Kamis, 03 Desember 2020 01:43

​Pj Sekda Kota Pasuruan Harap Semua Ormas Miliki Legalitas Hukum

Rabu, 21 Oktober 2020 20:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
​Pj Sekda Kota Pasuruan Harap Semua Ormas Miliki Legalitas Hukum
Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Anom Surahno, S.H., M.Si saat membuka acara.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Pasuruan menggelar kegiatan fasilitasi tim pakem (pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan masyarakat), di Rumah Makan Nikmat Rasa 2 Jalan Veteran Kota Pasuruan, Rabu (21/10/20).

Adapun tema kegiatan yakni “Penguatan kapasitas penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa”. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Anom Surahno, SH, M.Si.

Kegiatan tersebut tetap memerhatikan prosedur tetap protokol kesehatan ketat yakni 3 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan mejaga jarak)

Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan, Imam Subekti, S.Sos., M.M. mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa (aliran kepercayaan masyarakat) se-Kota Pasuruan dengan jumlah 50 (lima puluh) peserta.

Bentuk kegiatan adalah pembinaan bagi seluruh anggota Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini mendatangkan narasumber dari Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Bidang Bakesbangpol serta Kepala Bidang pada Disdikbud Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan itu, Pj. Sekretaris Daerah Anom Surahno berharap agar semua organisasi masyarakat (ormas) di wilayah Kota Pasuruan mempunyai legalitas hukum yang jelas. Jika belum ada, maka segera mengurus surat keterangan terdaftar (SKT) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Kota Pasuruan. 

Hal itu sesuai Permendagri Nomor 58 Tahun 2017 tentang pendaftaran organisasi kemasyarakatan. Adapun tujuannya adalah agar pemerintah dapat membina, melayani dan membina hak dan kewajibannya dengan baik seperti ormas yang lainnya. 

Turut Hadir dalam acara tersebut, kepala OPD, perwakilan Polres Pasuruan Kota, perwakilan Kodim 0819 Pasuruan, perwakilan Kemenag Kota Pasuruan, dan camat se-Kota Pasuruan. (par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...