Kamis, 03 Desember 2020 00:58

​Dorong Produk Lokal Bersaing di Pasar Global Pemkab Blitar Fasilitasi Ekspor Mandiri Kendang Djimbe

Selasa, 20 Oktober 2020 16:34 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
​Dorong Produk Lokal Bersaing di Pasar Global Pemkab Blitar Fasilitasi Ekspor Mandiri Kendang Djimbe
Dua kontainer kendang saat diberangkatkan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santoso dari Halaman Kantor Pemkab Blitar di Kanigoro, Selasa (20/10/2020). (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar terus mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk bisa mengekspor secara mandiri produk miliknya tanpa melalui pihak ketiga. Salah satu produk Kabupaten Blitar yang kini diekspor secara mandiri adalah Kendang Djimbe.

Untuk pertama kalinya, Kendang Djimbe produksi CV Maharani Abadi, Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro tersebut diekspor ke Cina secara mandiri. Ada dua kontainer Kendang Djimbe diberangkatkan menuju dua kota di Cina. Dua kontainer itu jumlahnya mencapai 6.000 kendang.

Dua kontainer kendang itu diberangkatkan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santoso dari Halaman Kantor Pemkab Blitar di Kanigoro, Selasa (20/10/2020).

"Untuk ekspor mandiri ini yang perdana. kita dipandu Free Trade Agreement (FTA). Kendang Djimbe ini merupakan produksi CV Maharani Abadi. Kami berharap, ini akan jadi motivasi bagi UMKM lain agar menjadi petarung yang tangguh. Utamanya dalam meningkatkan perekonomian saat pandemi Covid-19," ujar Budi Santoso.

Ia menambahkan bahwa CV Mandiri Abadi bukan satu-satunya, karena dalam waktu dekat Pemkab Blitar juga akan memberangkatkan produk mebeler untuk diekspor secara mandiri.

"Produk Kabupaten Blitar ini luar biasa. Dalam waktu dekat ini nanti ada juga CV lain akan ekspor mebeler. Dan yang lain saya harap termotivasi. Utamanya dalam meningkatkan kualitas untuk menguasai market dan customer," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono mengatakan, dengan terbukanya peluang untuk melakukan ekspor secara mandiri ini pihaknya mengaku bakal terus menggali potensi eksportir-eksportir di Kabupaten Blitar.

"Yang kita fasilitasi sementara untuk ekspor CV Maharani Abadi ini. Namun kita akan terus menggali eksportir di Kabupaten Blitar sehingga produk Kabupaten Blitar mampu bersaing di pasar internasional," pungkas Tavip. (ina/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...