​Penemu Lubang Hitam Menangkan Nobel Fisika 2020

​Penemu Lubang Hitam Menangkan Nobel Fisika 2020 Creator: Chandra X-ray Observatory Center | Credit: Optical: DSS; Illustration: NASA/CXC/M.Weiss

BANGSAONLINE.com - Roger Penrose dari Inggris, Reinhard Genzel dari Jerman, dan ilmuwan AS Andrea Ghez memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2020 atas penemuan mereka, tentang fenomena paling eksotis di alam semesta, lubang hitam. Demikian disampaikan badan pemberi penghargaan Nobel, hari ini.

Penrose, profesor di Universitas Oxford, memenangkan setengah hadiah untuk karyanya yang menggunakan matematika untuk membuktikan bahwa lubang hitam adalah konsekuensi langsung dari teori relativitas umum.

Genzel, dari Max Planck Institute dan University of California, Berkeley, dan Ghez, di University of California, Los Angeles, berbagi separuh lainnya untuk menemukan bahwa benda tak terlihat dan sangat berat mengatur orbit bintang di pusat galaksi kita .

Bidang Fisika adalah yang kedua diumumkan sebagai menyabet Nobel tahun ini, setelah tiga ilmuwan memenangkan hadiah obat untuk penemuan Hepatitis C, pada Senin kemarin.

Di antara hadiah Nobel, fisika sering mendominasi sorotan dengan penghargaan sebelumnya diberikan kepada superstar ilmiah seperti Albert Einstein untuk penemuan mendasar tentang pembentukan alam semesta, termasuk teori relativitas umum.

“Penemuan pemenang tahun ini telah membuka lahan baru dalam studi objek dan supermasif,” kata David Haviland, ketua Komite Nobel Fisika, saat memberikan hadiah 10 juta crown Swedia, atau senilai $ 1,1 juta, demikian dilansir reuters.

Sumber: reuters

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO