Kamis, 17 Juni 2021 13:22

Kiai Ahmad Sofwan: Wajib Hukumnya Pakai Masker pada Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 01 Oktober 2020 20:40 WIB
Editor: MMA
Kiai Ahmad Sofwan: Wajib Hukumnya Pakai Masker pada Masa Pandemi Covid-19
KH Ahmad Sofwan. foto: Uinsa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di tengah gencar-gencarnya pemerintah kampanye pakai masker untuk mencegah penularan Covid-19, ternyata beredar video seorang ustadz mengutip Hadits Rasulullah yang melarang menutup mulut saat salat.

Ustadz itu tampak naik mobil sambil mengutip Hadits yang artinya: Rasulullah melarang seseorang menutup mulutnya saat salat.

Hadits ini sejatinya jadi perdebatan karena salah satu perawinya, Al-Ḥasan Ibn Zakwān, diragukan keterpercayaannya lantaran sering melakukan kekeliruan. Namun sebagian ulama menganggap hadits hasan. Alasannya ada Yahya Ibn Said, ahli hadits terpercaya, meriwayatkan haditsnya.

Nah, bagaimana sebenarnya? KH Ahmad Sofwan, pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Daarul Muttaqien Manukan Tandes Surabaya menegaskan, jika dalam kehidupan normal orang salat pakai masker hukumnya makruh. Artinya, pakai masker tak berdosa, tapi jika tak pakai masker dapat pahala. 

BACA JUGA : 

Kedatangan Tamu dari Bangkalan, 12 Warga Gedangkulut Positif Covid-19, Ini Langkah Pemkab Gresik

Pesta Merdeka Covid-19 di Bar Gay, Wapres AS Hadiri Pawai LGBT

221 Meninggal, di Bangkalan Ditemukan Mutasi Varian Delta India, Forkopimda Bertindak Cepat

​Tangkal Covid-19, Warga Arosbaya Rajin Dzikir dan Burdah

“Jadi su’ul adzab, kurang etis aja. Karena salat itu kan berkomunikasi dengan Allah SWT. Tapi itu kalau dalam kondisi normal,” kata Kiai Ahmad Sofwan menjawab pertanyaan BANGSAONLINE.com, Kamis (1/9/2020).

“Sama dengan kita bicara dengan mertua sambil nutup mulut kan kurang etis,” jelasnya.

Tapi, tegas Kiai Ahmad Sofwan, dalam kondisi darurat pandemi covid-19 seperti sekarang beda lagi hukumnya. “Wong salat Jumat yang wajib saja boleh tidak dilakukan,” tegas alumnus King Saud University Riyad Saudi Arabia itu.

Kiai Sofwan lalu mengutip kaidah fiqh: darul mafasid muqoddamun ala jalbil mashalih. Artinya, mencegah kerusakan lebih didahulukan ketimbang mengupayakan kemaslahatan.

Selain itu, kata Kiai Sofwan juga ada kaidah fiqh: addlaruratu tubihul mahdhurat. “Keadaan darurat menghalalkan hal-hal yang haram atau dilarang,” kata Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Jawa Timur itu

Berarti pakai masker malah wajib? Menurut dia, wajib, terutama jika dikaitkan dengan kaidah maala yatimmul wajib illahi bihi fahuwa wajib. (Perkara yang menjadi penyempurna dari perkara wajib, maka hukumnya juga wajib).

“Ya wajib, jika pemerintah mengharuskan. Kan athiullaha waathiurrasul waulil amri minkum,” kata Kiai Sofwan mengutip Al-Quran Surat An-Nisa ayat 59. Yang artinya, taatlah kepada Allah, dan taatlah kepada Rasul dan kepada pemerintah.

Menurut dia, dalam kondisi pandemic seperti sekarang, kita harus mematuhi prokol kesehatan. Berarti kita harus pakai masker, disamping menjaga jarak dan sering mencuci tangan.  Karena tujuan utama memakai masker adalah demi keselamatan kita bersama. Yaitu menjaga keselamatan diri kita sendiri dan juga mencegah penularan dari orang lain ke kita dan juga sebaliknya. (mma)  

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...