Jelang Berakhirnya Sensus Penduduk, Gubernur Khofifah Pastikan Masyarakat Jatim Telah Tercatat

Jelang Berakhirnya Sensus Penduduk, Gubernur Khofifah Pastikan Masyarakat Jatim Telah Tercatat Gubernur Khofifah melihat langsung pendataan Sensus Penduduk 2020 oleh petugas di Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Hari ini hari berakhir pelaksanaan Sensus Penduduk (30 September 2020). Demi akurasi data yang setiap 10 tahun dilaksanakan di seluruh Indonesia, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin memastikan semua masyarakat Jatim telah tercatat dan terlayani dengan optimal oleh para petugas dengan tidak meninggalkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Untuk memastikan kondisi tersebut, Gubernur Khofifah pun melihat secara langsung pendataan Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan oleh petugas di Kabupaten , Selasa (29/9).

"Saya ingin agar masyarakat Jawa Timur dapat tercatat dengan baik. Apalagi sensus ini dilaksanakan sepuluh tahun sekali. Untuk itu, masyarakat harus bisa terdata secara baik dan benar," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Ikut hadir mendampingi yakni Kakanwil Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Dadang Hardiwan, Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jatim Jonahar, dan Bupati A. Busyro Karim.

Menurut Gubernur Khofifah, data penduduk setiap 10 tahun akan diperbaharui sehingga data yang dimiliki pemerintah menjadi dinamik dan terukur.

"Data itu bergerak dinamis setiap waktu, oleh karena itu perlu di update. Penting bagi kita untuk mengetahui update data dari berbagai kebutuhan perencanaan pembangunan agar intervensinya lebih tepat dan akurat," jelasnya.

Ia mencontohkan, jika 5 tahun lalu belum memiliki anggota keluarga atau anak, maka sekarang data tersebut mungkin sudah berubah. Misalnya ada yang menikah dan memiliki anak, ada yang sudah sewa, bahkan memiliki rumah, punya motor, atau mobil dan sebagainya. Sama halnya dengan kepemilikan harta atau aset. Untuk itu, masyarakat harus memberikan dukungan data terbaru agar peta sosial ekonomi tergambarkan.

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO