Jumat, 27 November 2020 20:45

Warga Binaan Lapas IA Surabaya Dapat Pembinaan Keterampilan dan Kesempatan Sertifikasi​ Keahlian

Senin, 28 September 2020 15:21 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Warga Binaan Lapas IA Surabaya Dapat Pembinaan Keterampilan dan Kesempatan Sertifikasi​ Keahlian
Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Surabaya di Porong Sidoarjo mendapatkan pembinaan keterampilan. (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Surabaya di Porong Sidoarjo, berkesempatan mendapatkan pembinaan keterampilan. Tak hanya itu, napi juga berkesempatan mendapatkan sertifikasi atas keterampilannya tersebut.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas IA Surabaya di Porong Sidoarjo, Gun Gun Gunawan mengatakan, selain pembinaan internal, warga binaan berkesempatan mengasah skill-nya di dalam lapas. Hal itu sebagaimana program pemerintah di bidang keterampilan.

"Ini sudah termin ketiga, yakni sekitar 60 warga binaan," cetus Gun Gun Gunawan, Senin (28/9/2020).

Lebih lanjut, Gun Gun Gunawan menerangkan, jauh sebelum dirinya menjabat sebagai Kalapas Porong, program nasional tersebut sudah berjalan. Pihaknya sengaja meneruskan program yang sudah berjalan tersebut agar warga binaan berkesempatan mengasah kemampuannya dan memiliki sertifikasi.

"Totalnya ada 300 warga binaan sampai termin ketiga ini. Jadi, warga binaan bebas memiliki sertifikasi sesuai keterampilannya," terangnya.

Lembaga pemasyarakatan bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya dan Dinas Ketenagakerjaan dalam merealisasikan program tersebut. Dengan harapan warga binaan bisa memanfaatkan momen pembinaan tersebut.

"Ada yang tukang bangunan, pengelasan, konstruksi. Mereka nantinya dites sama orang BLK, yang bagus maka akan dapat sertifikat," terangnya.

Meski dalam situasi Covid-19, pembinaan keterampilan tetap berjalan. Hanya saja, tidak seperti biasanya. Mereka dilengkapi dengan protokol kesehatan seperti masker dan lainnya.

"Tentunya berbeda dari biasanya. Mereka harus tetap menjaga protokol kesehatan. Mereka praktik sendiri dengan cara virtual, dan dipantau sama petugas dinas," terangnya.

Pelatihan selama Covid-19 hanya digelar sekitar dua mingguan. Setelah melewati masa kerja itu, nantinya warga binaan yang telah mengikuti pelatihan akan dilakukan pengujian, dan hasilnya akan disampaikan langsung oleh BLK dan Dinas Ketenagakerjaan. (cat/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...