Peringati Hartanas, Bengkel Tani Gelar Aksi Tanam Ratusan Pohon

Peringati Hartanas, Bengkel Tani Gelar Aksi Tanam Ratusan Pohon Agus Sugiarto sebagai salah satu pengarah di Among Tani Foundation saat melakukan penanaman pohon.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Memperingati Hari Tani Nasional, Among Tani Foundation Kota Batu, Batu Agromart, dan didukung Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya melalui Komunitas Bengkel Tani, menggelar aksi tanam ratusan pohon di kawasan Cafe de Kleine, Oro-oro Ombo, Kota Batu, Jumat (25/9).

Aksi tersebut dihadiri Dr. Ir. Damanhuri, M.S., Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Tri Agus Abdi Sholeh dari komunitas Batu Agromart, bersama pemuda dan unsur masyarakat peduli lingkungan.

Pohon yang ditanam merupakan pohon produktif dari jenis buah-buahan seperti durian, alpukat, jambu merah, jambu kristal, nangka, dan mangga.

Ricky Fetrian, aktivis Bengkel Tani Kota Batu mengatakan tujuan penanaman pohon ini untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar melestarikan budidaya pertanian guna mencapai ketahanan pangan di tengah kondisi apapun, termasuk di masa pandemi Covid-19.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan khususnya Pejuang Tangguh Masa Kini (Petani) untuk mengembangkan pertanian yang memiliki konsep terintegrasi dan bebas residu. Selain itu menciptakan budidaya bertani yang sehat secara menyeluruh dengan langkah konkret yang bertujuan menghasilkan produk berkualitas, diminati pasar, bermanfaat bagi kesehatan dan budidaya tersistem," ujar Ricky. 

Lantas ia mencontohkan konsep Komunitas Bengkel Tani dalam mengembangkan teknologi pertanian dengan Teknologi Bionano. Teknologi ini dinilai ramah lingkungan dan didukung secara akademisi oleh Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Dengan teknologi ini, kata Ricky, limbah pertaniannya pun dapat diolah dan dijadikan sebuah nilai manfaat yang berkesinambungan untuk seluruh kegiatan budidaya pertanian.

"Dengan semangat collaboration, connection, dan commerce, kami bertekad untuk tetap terus berkarya menuju ketahanan pangan, menjaga kelestarian dan mengembalikan Indonesia menjadi negara Agraris. Dari Kota Batu untuk Indonesia," pesannya. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO