Selasa, 27 Oktober 2020 22:31

Diduga Korsleting Listrik, Shelter Tower Seluler di Lamongan Terbakar

Kamis, 10 September 2020 14:23 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
Diduga Korsleting Listrik, Shelter Tower Seluler di Lamongan Terbakar
PMK yang melakukan pembasahan di shelter yang terbakar. (foto: TRIWIYOGA/ BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Shelter tower operator seluler di Lamongan terbakar. Kebakaran sempat membuat warga panik karena tower tersebut berada di tengah permukiman.

Berdasar informasi yang dihimpun, shelter tower pemancar jaringan operator seluler yang terbakar tersebut berada di Dusun Glagah Pasar, Desa/Kecamatan Glagah. Kebakaran terjadi pada Rabu (9/9/2020) sekitar pukul 19.00 WIB

"Sempat takut dan cemas karena khawatir api merembet ke rumah warga sekitar sini Mas. Apalagi melihat api berada sangat tinggi dan besar," kata Sutaji, salah seorang warga yang rumahnya berhadapan dengan tower, Rabu (9/9/2020) malam.

Sutaji menambahkan, lokasi kebakaran yang berada di ketinggian dan besarnya angin yang berembus, membuat warga semakin khawatir api bakal merembet ke rumah mereka. Beruntung warga secara spontan bergotong royong memadamkan api dengan peralatan ala kadarnya.

"Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan sebelum petugas PMK datang di lokasi," kata pria yang juga menjabat sebagai ketua RT setempat itu.

Kepala Desa Glagah, Abdul Kohar menambahkan, awalnya warga mencium bau seperti kabel terbakar. Ketika menengadah, mereka melihat api disertai asap.

"Lama-kelamaan api membesar hingga hampir setinggi rumah warga setempat, kira-kira 5-6 meter dari atap warga," jelasnya.

Kohar menyebut, warga yang mengetahui peristiwa ini kemudian berusaha memadamkan api dengan air, dan beberapa tabung pemadam kebakaran serta dibantu petugas dari Polsek dan Koramil Glagah. Api dipadamkan setelah hampir 1,5 jam berkobar.

Kohar berharap pemilik tower lebih sering mengontrol peralatan maupun fisik tower. "Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, kami juga memanggil petugas kebakaran untuk melakukan pembasahan," terang Kohar.

Sementara itu, petugas jaga tower, Bambang Sunandar mengatakan, shelter peralatan tower sebelumnya dalam kondisi normal dan tidak menunjukkan gejala apa pun. Meski tak ada korban jiwa, kerugian akibat kebakaran ini ditaksir sekitar Rp 120 juta. "Dugaan awal karena korsleting arus listrik," pungkas Sunandar. (yog/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...