​Ngiler Masakan Pantai Masa Pandemi, Gubuk Iwak Segoro Jombang Jadi Sasaran

​Ngiler Masakan Pantai Masa Pandemi, Gubuk Iwak Segoro Jombang Jadi Sasaran Pelanggan Gubuk Ikan Segoro. (foto: ist).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pada masa pandemi Covid-19, warga diimbau untuk menunda rencana berlibur. Di antaranya keinginan untuk melepaskan penat bersama keluarga ke pantai sekaligus menikmati masakan ikan laut.

Namun jangan khawatir, untuk bisa menikmati masakan khas pantai, tak perlu jauh-jauh. Sebab, di Jalan Kapten Piere Tendean, Desa Pulo Lor, Kecamatan/Kabupaten Jombang terdapat warung dengan nama Gubuk Iwak Segoro yang menyajikan berbagai jenis ikan laut seperti tongkol, cumi-cumi, hingga kepiting.

Tak jauh beda layaknya kuliner khas pantai, warung milik Joko Fattah Rachim (55) ini, menyajikan masakan ala hidangan pantai. Ikan laut segar yang didatangkan dari Sidoarjo dan Madura itu diolah dengan cara diasap di atas tungku.

Pengasapan di atas tungku tersebut untuk menjaga kualitas tekstur daging ikan. Dirinya juga memanfaatkan bara api dari batok kelapa dan tongkol jagung. Sedangkan untuk melengkapi masakannya, Fattah menyajikannya dengan berbagai jenis sambal. Mulai dari sambal terasi, sambal kecap, hingga sambal matah yang khas dengan bawang merah.

“Gubuk Iwak Segoro ini spesialnya ikan asap. Kita juga menawarkan olahan lain seperti cumi-cumi tepung, cumi-cumi asam manis, dan cumi-cumi lada hitam,” ujarnya, Rabu (2/9/2020).

Diakui Fattah, dirinya memilih masakan ikan asap karena di Jombang belum ada rumah makan yang menyediakan masakan jenis tersebut. Olahan ikan asap ini sekaligus disajikan bagi para pecinta kuliner khas pantai.

Simak berita selengkapnya ...