Jumat, 23 Oktober 2020 10:26

Diduga Sebarkan Ideologi Khilafah, Banser 'Gerebek' Yayasan Pendidikan Al Hamidy Pasuruan

Kamis, 20 Agustus 2020 17:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fuad
Diduga Sebarkan Ideologi Khilafah, Banser
Gus Afi saat menginterogasi Zainulloh (tokoh HTI) dan Abdul Halim.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - PC Ansor Bangil mengancam akan menutup Yayasan Pendidikan Al Hamidy di Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Mereka menduga adanya penyebaran ideologi khilafah atau HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) dari yayasan tersebut.

Kamis (20/08) pagi, sebanyak 150 anggota Banser telah berangkat beriringan dari Markas Bangil dengan mengendarai sepeda motor, pikap, dan mobil. Kedatangan mereka untuk melakukan pengecekan terhadap aktivitas yayasan tersebut.

Pemberangkatan tersebut dikoordinatori langsung oleh Ketua PC Ansor Bangil H. Saad Muafi atau akrab disapa Gus Afi.

Penggerebekan pertama dilakukan di kediaman Abdul Halim (AH), salah satu tokoh HTI yang menghina Mursyid Thoriqoh al Mu’tabarah an Nahdliyah, Habib Luthfi Al Kaff.

Menurut Gus Afi, kedatangannya ke rumah Abdul Halim itu untuk mempertanyakan unggahan yang bersangkutan di facebook. “Kami ingin bertabayyun atas unggahannya di medsos yang menjelek-jelekkan Habib Luthfi,” kata Gus Afi saat tiba di lokasi.

Benar saja, di rumah Abdul Halim, Banser menemukan sejumlah simbol-simbol berupa bendera HTI, poster, majalah, yang dicurigai mengarah ke ideologi khilafah.

“Kami tabayyun dan dia mengaku bahwa di sini menjadi tempat penyebaran ideologi khilafah (HTI),” ujar Gus Afi.

Ada Foto Presiden Jokowi Dicoret-coret

Setelah dari kediaman Abdul Halim, Banser kemudian bergeser ke tempat yang diduga menjadi penyebaran ideologi khilafah lainnya, yakni sebuah yayasan pendidikan di Desa Kalisat.

Di sana, Banser menemukan foto Presiden Joko Widodo dicoret-coret, kemudian tidak memiliki bendera merah putih, dan foto wakil presiden masih belum diganti.

Bahkan, kepala sekolah yayasan tersebut saat ditanya siapa nama wakil presiden Republik Indonedia, yang bersangkutan pun tak hafal.

"Wakil Presidennya Muhammad Amien Rais, eh maaf lupa, maklum udah tua," ucap Abdussalam sambil berlagak lupa. 

Beberapa polisi yang ikut mengamankan aksi Banser pun langsung mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain foto Presiden yang dicoret-coret.

Gus Afi juga telah melaporkan 2 orang ke polisi yang diduga menjadi aktor penyebaran ideologi khilafah di wilayah Kecamatan Rembang.

“Yang kedua, saya nanti juga akan mengirim surat resmi ke Kemenag untuk mencabut izin sekolah. Karena mereka menyebarkan ideologi khilafah dengan berlindung di balik lembaga pendidikan,” tegas Gus Afi.

Sementara itu, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, sudah menerima laporan dari Banser. Ia memastikan setelah ini polisi akan langsung memproses laporan tersebut. “Kami akan melakukan pemanggilan saksi-saksi awal dulu,” kata Rofiq. (afa/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...