​Revitalisasi Makam Asayyid Ali Asghor, Risma: Ndresmo Markas Santri Pertempuan 10 Nopember

​Revitalisasi Makam Asayyid Ali Asghor, Risma: Ndresmo Markas Santri Pertempuan 10 Nopember Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat peresmian revitalisasi Cagar Budaya bangunan Makam Asayyid Ali Asghor dan Lingkungan Makam Islam Ahli Waris Ndresmo, Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo Surabaya, Rabu (19/8). foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya melakukan revitalisasi Cagar Budaya bangunan Makam Asayyid Ali Asghor dan Lingkungan Makam Islam Ahli Waris Ndresmo, Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo Surabaya, Rabu (19/8) sore.

Di atas panggung mini yang disiapkan warga setempat, Wali Kota Risma mengungkapkan alasannya melakukan revitalisasi makam aulia di Kota Surabaya tersebut. Menurut dia, Asayyid Ali Asghor adalah salah satu ulama yang sangat berjasa mencerdaskan masyarakat Surabaya, khususnya terkait syiar agama islam.

“Karena itu, sebelum saya purna (Wali Kota Surabaya), saya ingin bisa merehab makam ini. Dan alhamdulillah bisa terlaksana, dan ini (Ndresmo) merupakan pondok tertua di Surabaya,” kata Risma di sela ziarah ke Makam Asayyid Ali Asghor.

Risma juga bercerita, ketika meletus pertempuran 10 November, Kampung Santri Ndresmo ini dijadikan markas santri-santri se-Jawa Timur. Para santri itu bermarkas di Ndresmo untuk mengatur strategi melawan penjajah.

(Makam Asayyid Ali Asghor. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE.com)

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO