Senin, 21 September 2020 09:25

Masifkan Senam Pernapasan, Pemkot Surabaya Siap Latih Calon Instruktur dari Puskesmas

Kamis, 13 Agustus 2020 18:53 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
Masifkan Senam Pernapasan, Pemkot Surabaya Siap Latih Calon Instruktur dari Puskesmas
Para instruktur dari PDPI saat memimpin senam pernapasan di Taman Keputih dan PUPR. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya bekerja sama dengan Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) rutin menggelar senam pernapasan. Bahkan, untuk memasifkan kegiatan ini, PDPI bakal melatih 10 calon instruktur senam dari puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, senam pernapasan yang digelar setiap hari Sabtu di Taman Harmoni dan Taman PUPR, Jalan Keputih Kecamatan Sukolilo itu diperuntukkan bagi warga yang sudah sembuh dari Covid-19.

“Untuk saat ini kami menggelarnya di dua taman tersebut. Masing-masing taman kapasitasnya 75 orang. Jadi totalnya 150 orang,” kata feny-sapaan Febria Rachmanita di Dapur Umum Balai Kota Surabaya, Kamis (13/8/2020).

Supaya pelaksanaan senam pernapasan di Surabaya ini bisa berjalan masif, lanjut Feny, PDPI juga bakal melatih 10 calon instruktur senam dari perwakilan puskesmas dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya. Menurutnya, hal itu penting dilakukan supaya senam pernapasan dapat digelar di berbagai titik wilayah Kota Surabaya.

“Kalau untuk puskesmas itu sebenarnya kami punya yang namanya PJ (penanggung jawab) olahraga. Mereka yang secara khusus dilatih. Dari situ PJ olahraga dapat menularkan atau mengajarkan kepada puskesmas lainnya. Yang jelas mereka bisa memimpin senam pernapasan di puskesmas wilayahnya,” papar dia.

Feny menjelaskan, ketika para calon instruktur dari puskesmas dan Dispora itu sudah mahir atas bimbingan PDPI, harapannya ke depan lokasi senam dapat tersebar di berbagai titik. Misalnya, Surabaya Barat, Timur, dan Utara secara bersamaan menggelar senam pernapasan. Selain itu pula, calon instruktur senam ini nantinya yang akan menyalurkan ilmu tersebut kepada rekan-rekannya.

“Kira-kira para calon instruktur senam ini butuh sekitar empat kali pertemuan karena sudah punya dasarnya. Jadi, warga yang rumahnya di barat tidak jauh-jauh ke Taman Keputih,” jelasnya.

Adapun untuk sosialisasi senam pernapasan ini, pihaknya melalui puskesmas dan kelurahan akan mendorong dan mengajak warga yang telah sembuh dari Covid-19 agar ikut senam. Namun, mengingat kapasitas peserta senam pernapasan saat ini masih terbatas, maka pihak kelurahan melakukan pendataan terlebih dahulu.

“Jadi bergiliran, tidak bisa sekaligus begitu. Namun semua akan terdata oleh kelurahan masing-masing. Misalnya Sabtu ini kelurahan dan kecamatan mana,” ujar Feny.

Plt. Direktur RSUD dr. Sowandhie ini juga memastikan, selama pelaksanaan senam pernapasan berlangsung, pihaknya tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan. Bahkan, sebelum dan setelah senam, peserta dan instruktur wajib mencuci tangan.

“Di sana (lokasi senam) juga sudah ada wastafelnya. Jaga jarak itu pasti. Oleh karena itu, pemilihan lokasinya adalah taman. Selain luas juga indah, dan yang paling penting harus bahagia,” pungkasnya. (ian/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...