Sabtu, 19 September 2020 19:11

Kabupaten Blitar Kembali ke Zona Merah Covid-19

Rabu, 12 Agustus 2020 11:24 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidh
Wartawan: Akina Nur Alana
Kabupaten Blitar Kembali ke Zona Merah Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardani.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Blitar kembali ditetapkan sebagai zona merah penyebaran kasus Covid-19. Status zona merah Kabupaten Blitar ditetapkan per tanggal 11 Agustus kemarin, setelah sebelumnya berstatus zona oranye.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Kuspardani mengatakan, peningkatan status ke zona merah ini disebabkan 14 indikator.

Salah satunya penambahan kasus yang terus menerus selama beberapa minggu terakhir. Terbanyak pada 5 Agustus lalu ada penambahan 51 pasien terkonfirmasi positif.

"Ada 14 indikator, salah satu indikatornya penambahan kasus yang terus menerus selama dua minggu terakhir.

Dari perhitungan ahli Epidemiologi yang mempelajari tentang penyebaran penyakit beserta faktor-faktor yang dapat memengaruhi kejadian kemudian BPBD pusat menetapkan Kabupaten Blitar sebagai zona merah," ujar Kuspardani, Rabu (12/8/2020).

Kuspardani mengatakan, penambahan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan disebabkan karena adanya tes usap (swab) yang dilakukan secara masif.

"Penambahan ini merupakan hasil tracing pasien positif sebelumnya. Setelah tracing kita langsung utamakan tes swab kepada kontak erat secara masif jadi banyak sekali tambahannya," paparnya.

Dia menambahkan, dengan tambahan kasus ini Pemkab Blitar telah berkoordinasi dengan semua camat dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus melakukan pengawasan dan sosialisasi di masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan. "Kita sudah koordinasi dengan semua camat dan kepala OPD. Kita juga terus ke lapangan untuk sosialisasi," imbuhnya.

Hingga 12 Agustus, jumlah total kasus konfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Blitar mencapai 294 kasus. Perinciannya, 222 sembuh, 56 diobservasi, dan 16 meninggal dunia.

"Selain penambahan kasus konfirmasi positif, pasien yang sembuh juga semakin banyak. Kami berharap masyarakat menerapkan protokol kesehatan untuk memutus penularan Covid-19," tegasnya.

Selain Kabupaten Blitar ada 5 daerah lain di Jawa Timur yang masuk zona merah di antaranya Gresik, Sidoarjo, Jember, Bondowoso, dan Kota Malang. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...