Sabtu, 26 September 2020 08:05

Tunggu Hasil Audit, RS PMC Jombang Bantah Telantarkan Pasien Ibu Hamil Hingga Bayinya Meninggal

Sabtu, 08 Agustus 2020 16:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Tunggu Hasil Audit, RS PMC Jombang Bantah Telantarkan Pasien Ibu Hamil Hingga Bayinya Meninggal
Rumah Sakit Pelengkap Medical Center Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Adanya dugaan penelantaran pasien ibu hamil hingga menyebabkan kematian bayi yang dilahirkan, dibantah oleh pihak Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang.

Kepala Bagian Pemeriksaan RS PMC, dr. Bani Cahyono mengatakan, pasien ibu hamil berinisial DR (27) itu sudah ditangani tenaga medis sejak awal masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD), pada Selasa (04/08) dini hari.

Pada saat awal masuk, pasien asal Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Jombang itu langsung dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Karena itu, langsung dipindahkan ke ruang khusus di lantai dua gedung RS PMC, yakni Ruang Darussalam.

Dikatakan Bani, selama di ruangan itu, pasien dirawat oleh dua tenaga perawat. Pasien juga sempat dilakukan pemeriksaan terhadap denyut jantung janin (DJJ) oleh perawat yang jaga.

“Di ruang Darusallam itu kita ada dua perawat yang standby di situ. Kalau dibilang tidak ada yang merawat itu, ya tidak,” ucap Bani saat ditemui wartawan di RS PMC Jombang, Kamis (06/08).

Disinggung mengenai pasien melahirkan bayinya tanpa ditangani tenaga medis, Bani membantah hal tersebut. Ia menyatakan bahwa sudah ada tenaga medis yang melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) terhadap bayi pasien. Namun sangat disayangkan, saat dilakukan RJP, bayi perempuan yang baru lahir pukul 05:00 WIB itu tidak bisa diselamatkan.

“Kita lakukan RJP terhadap bayi. Dari situ, bayi memang sudah tidak bisa diselamatkan. Kalau dikata tidak diselamatkan, gak mungkin kita lakukan RJP,” tegasnya.

Ketika ditanya soal kebenaran adanya keterlambatan penanganan, Bani tidak menjawab secara gamblang. Ia masih menunggu hasil audit dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang untuk mengetahui ada atau tidaknya kesalahan prosedur dari kasus yang dialami oleh DR.

“Kita tunggu saja auditnya dari Dinas Kesehatan. Soalnya saya juga belum mengetahui ke arah sana, nanti kita tunggu hasil auditnya bagaimana. Nanti diketahui benang merahnya seperti apa. Apapun hasil audit akan kita patuhi. Yang jelas, kita akan berbenah agar tak ada lagi kasus seperti ini,” pungkas Bani.

Diberitakan sebelumnya, DR (27), warga Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Jombang, mengaku ditelantarkan pihak RS PMC Jombang saat persalinan anak keduanya. Pasalnya, tidak ada penanganan tim medis saat proses persalinan. DR mengaku melahirkan bayinya seorang diri.

Dirinya masuk ke rumah sakit pada Selasa (04/08), pukul 01:30 WIB. Pada pukul 04:30 WIB, DR melahirkan anak keduanya tanpa dibantu bidan atau dokter jaga saat itu. Hingga akhirnya, bayi yang baru dilahirkannya itu meninggal dunia. (aan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...