Senin, 25 Januari 2021 20:53

Kunjungi Kementerian PUPR, Wali Kota Risma Usulkan Akses Jalan Baru Menuju GBT

Jumat, 07 Agustus 2020 17:21 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
Kunjungi Kementerian PUPR, Wali Kota Risma Usulkan Akses Jalan Baru Menuju GBT
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat mengunjungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI, Kamis (6/8/2020). (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengunjungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI, Kamis (6/8/2020). Di sana, ia mengajukan permohonan pembangunan akses jalan baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Wali Kota Risma mengatakan bahwa di tahun 2021 Surabaya akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Karenanya, untuk mendukung event itu, pihaknya ingin ada akses jalan lain menuju Stadion GBT.

"Kita tahun 2021 akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Nah, kita ada pembangunan rencana jalan. Jadi yang jalan eksisting ke stadion (GBT) itu sudah kita bangun, ke stadion utamanya," kata dia.

Maka dari itu, pihaknya mengusulkan ke Kementerian PUPR untuk rencana pembangunan akses jalan baru tersebut. "Meski akses jalan lain menuju Stadion GBT sudah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, serta pihak pengembang, tapi kita membuat jalan baru untuk mendukung ini. Karena itu kami mengusulkan ke Pak Menteri PUPR untuk sebagian," ujar Risma.

Menurutnya, rencana pembangunan jalan baru tersebut tak hanya bertujuan untuk mendukung akses menuju Stadion GBT. Jika nantinya terealisasi, jalan baru itu juga dapat dimanfaatkan sebagai akses menuju PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong.

"Kalau itu bisa direalisasi, sebetulnya bukan hanya Stadion GBT yang kena, tapi TPA Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong yang baru juga bisa terlayani," ucapnya.

Apalagi Risma mengungkapkan, di tahun 2020 ini pembangunan PLTSa di TPA Benowo yang mampu menghasilkan energi listrik dengan kapasitas 11 megawatt sudah rampung. "Insya Allah tahun ini TPA kita sudah jadi dan menghasilkan listrik 11 megawatt. Kita usulkan ke Pak Presiden agar (TPA) bisa diresmikan beliau," pintanya.

Progres pembangunannya sendiri saat ini tinggal menunggu komisioning atau pengujian. Meski sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19, namun untuk pembangunan fisik TPA Benowo telah rampung 100 persen. "Ini tinggal tunggu komisioning aja, karena sempat tertunda ada Covid-19. Ini sudah 100 persen fisik, tinggal komisioning (pengujian) untuk running-nya," jelasnya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini berharap, rencana pembangunan akses jalan baru menuju Stadion GBT itu bisa rampung sebelum digelarnya Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. (ian/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...