Selasa, 27 Oktober 2020 22:06

​TikTok Diblokir 45 Hari di AS, China Marah Besar

Jumat, 07 Agustus 2020 15:21 WIB
Editor: Choirul
​TikTok Diblokir 45 Hari di AS, China Marah Besar
Donlad Trump dengan Presiden China Xi Jinping (Image: AFP via Getty Images)

BANGSAONLINE.com – Ketegangan antara AS melawan China masih berlanjut. Hari ini, Presiden AS Donald Trump telah menandatangani perintah eksekutif kepada seluruh penduduk AS untuk melakukan uninstall aplikasi TikTok, selama 45 hari.

"Ini untuk melindungi keamanan nasional kita," kata Trump.

Presiden AS mengklaim aplikasi video pendek berbasis di Beijing - yang dimiliki oleh ByteDance - digunakan untuk kampanye disinformasi yang menguntungkan Partai Komunis China. Dia mengatakan, "AS harus mengambil tindakan agresif terhadap pemilik TikTok untuk melindungi keamanan nasional kita".

Pernyataan dari sekretaris pers Gedung Putih mengatakan, "Secara spesifik, aplikasi seluler tersebar di Amerika Serikat, digunakan 100 juta orang, dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan di Republik Rakyat China. Saat ini, tindakan harus diambil untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh satu aplikasi seluler, khususnya TikTok," tambahnya.

Pada hari Minggu, Sekretaris Negara Mike Pompeo mengatakan: "Presiden Trump telah mengatakan 'cukup' dan kami akan memperbaikinya sehingga ia akan mengambil tindakan dalam beberapa hari mendatang sehubungan dengan beragam risiko keamanan nasional yang disajikan oleh perangkat lunak yang terhubung ke Partai Komunis China. "

TikTok telah berdiskusi dengan pemerintah Inggris selama beberapa bulan terakhir untuk membangun markas besarnya di London, menurut laporan - sebagai bagian dari strategi untuk menjauhkan diri dari China. London adalah salah satu dari beberapa lokasi yang dianggap telah dipertimbangkan oleh perusahaan.

TikTok secara agresif memburu Kevin Mayer yang berbasis di AS, mantan eksekutif Walt Disney Co, untuk menjadi kepala eksekutif baru.

Menanggapi tuduhan dari Gedung Putih, ByteDance bersedia untuk melepaskan TikTok AS ke Microsoft dalam upaya untuk membuat kesepakatan dengan pemerintahan Trump. ByteDance didirikan oleh Zhang Yiming dan TikTok dibuat oleh Alex Zhu pada tahun 2017. Aplikasi TikTok sendiri bahkan tidak tersedia di China.

Sementara China mendesak AS untuk memperbaiki kesalahannya, setelah Presiden Donald Trump mengumumkan larangan besar-besaran dan meminta masyarakat melakukan uninstall aplikasi TikTok, dan Tencent, operator aplikasi WeChat, selama 45 hari.

China mengatakan langkah AS untuk memblokir aplikasi China bertentangan dengan prinsip pasar dan mendesak Washington untuk 'memperbaiki kesalahannya', kantor berita Reuters melaporkan.

Tiktok, aplikasi berbagi video yang sangat populer, mendapat kecaman dari anggota parlemen AS dan administrasi atas keamanan nasional terkait bigdata.

Langkah terbaru datang segera setelah AS memerintahkan China untuk mengosongkan konsulatnya di Houston, Texas diikuti oleh perintah China yang meminta AS untuk mengosongkan konsulatnya di kota barat daya Chengdu.

Ada 100 juta pengguna TikTok di Amerika Serikat dan akan ada dampak politik dari pelarangan aplikasi ini.

Sumber: mirror.co.uk
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...