Sabtu, 19 September 2020 16:42

Aliansi Anak Bangsa Tolak RUU HIP dan RUU Omnibus Law

Senin, 03 Agustus 2020 18:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Aliansi Anak Bangsa Tolak RUU HIP dan RUU Omnibus Law
Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Anak Bangsa saat demo di depan gedung DPRD Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ratusan masyarakat Jember yang tergabung dalam Aliansi Anak Bangsa menggelar aksi menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dan RUU Omnibus Law Cipta Kerja.

Menurut Koordinator Aksi, Umar Faruk, RUU tersebut sangat merugikan para pekerja lokal, dan hanya menguntungkan pihak pengusaha.

"RUU Omnibuslaw yang dibahas saat ini sudah tidak pro terhadap pekerja, sehingga jika diteruskan akan menjadi persoalan di Jember," ujarnya saat orasi di DPRD Jember, Senin (3/8/2020).

Lanjut Umar Faruk, RUU Omnibus Law juga menghapus larangan pemberian upah pekerja di bawah UMK. Ditambah lagi, tidak ada jaminan sosial yang jelas di dalam RUU tersebut.

"Selain tidak pro terhadap pekerja, banyak pasal dalam UU ketenagakerjaan yang dihapus. Salah satunya hubungan antara pekerja dan pemberi kerja dalam perjanjian kerja," imbuhnya.

Pihaknya menilai, RUU tersebut berpotensi membuka kran bagi pekerja asing dan bakal mendominasi ranah pekerjaan di Indonesia. "Jika ini dibahas, maka pekerja asing akan leluasa masuk ke Indonesia dan melegalkan outsourcing," tuturnya.

Selain RUU Omnibus Law, pihaknya juga menuntut RUU HIP dibatalkan, karena isinya berpotensi membuat paham komunis kembali hidup. Padahal, Pancasila sebagai dasar negara dan sudah bersifat final.

"Pancasila ini sudah final, tidak perlu lagi ada perubahan apapun terhadap dasar negara," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi yang menemui massa berjanji akan meneruskan semua aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada DPR RI.

"Ya kami terima semua aspirasi masyarakat yang saat ini berorasi, dan kita persilakan juga, serta disaksikan bersama untuk kita kirimkan langsung ke DPR RI, tentang aspirasi yang disuarakan," tutupnya. (jbr1/yud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...