Kamis, 01 Oktober 2020 12:57

DPRD Kabupaten Pasuruan ​Desak Pemkab Revisi Perbup dan Perda Kebidanan Sesuai UU Nomor 4/2019

Senin, 03 Agustus 2020 17:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Habibi
DPRD Kabupaten Pasuruan ​Desak Pemkab Revisi Perbup dan Perda Kebidanan Sesuai UU Nomor 4/2019
Rapat Komisi I dan Komisi IV dengan OPD terkait membahas UU Nomor 4 Tahun 2019. (foto: ist).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Seiring dengan terbitnya UU No. 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan, keberadaan para bidan yang melakukan kegiatan pelayanan kesehatan dituntut memiliki sertifikat kompetensi. Hal ini sebagai bukti bahwa mereka telah memenuhi syarat bekerja membuka klinik kebidanan.

Terkait hal ini, DPRD Kabupaten Pasuruan juga mendesak pemkab untuk melakukan penyesuaian Perbup No. 39 Tahun 2015 serta Perda No. 6 Tahun 2016, dengan UU tersebut. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para bidan di wilayah Pasuruan secara berjenjang.

Selain itu, agar kegiatan pelayanan kebidanan di wilayah Pasuruan yang masih mengantongi izin tidak berbenturan dengan UU serta izin belajar bagi ASN tetap berjalan.

Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Eko Suyono mengatakan bahwa dalam UU tersebut para bidan lulusan D-III yang membuka praktek klinik kebidanan, diharuskan memiliki sertifikat uji kompetensi.

"Minimal syarat tersebut dipenuhi mereka 5 tahun sejak UU No. 4 Tahun 2019 disahkan. Bila tidak memiliki itu, maka izin praktik mereka tidak bisa dilanjutkan," ujar politikus Nasdem itu, Senin (3/8/2020).

Sementara untuk izin praktik kebidanan yang telah diterbitkan oleh Bupati Pasuruan, tetap bisa melakukan perpanjangan izin, namun juga mengacu persyaratan pada UU tersebut. Yakni harus bisa menunjukkan sertifikat kompetensi.

Terpisah, Plt. Kadinkes Kabupaten Pasuruan dr. Ani Latifah menjelaskan, secara umum UU tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh para bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada masyarakat.

“Tentunya daerah akan menaati aturan tersebut dengan melakukan penyesuaian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, sehingga kemampuan dan pengetahuan para bidan di Pasuruan lebih meningkat lagi," tandasnya. (bib/par/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...