Sabtu, 19 September 2020 20:01

BLT JPS Jilid II untuk 80 Ribu KPM Terdampak Covid-19 di Gresik Cair

Kamis, 30 Juli 2020 11:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
BLT JPS Jilid II untuk 80 Ribu KPM Terdampak Covid-19 di Gresik Cair
Mujid Riduan.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) program Jaring Pengaman Sosial (JPS) jilid II untuk warga terdampak Covid-19 di Gresik akhirnya cair. Badan Pendapatan Pegelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik sejak 28 Juli lalu sudah mencairkan bantuan yang bersumber dari APBD itu ke rekening desa dan kelurahan.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Mujid Riduan mengaku telah mendapatkan pemberitahuan dari Pemkab Gresik perihal cairnya BLT JPS Jilid II.

"Sudah cair. Per tanggal 28 Juli, BLT JPS sudah dicairkan ke rekening desa dan kelurahan masing-masing, kemudian didistribusikan oleh kepala desa kepada para keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp 600 ribu," ujar Mujid Riduan kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (30/7).

Menurut Mujid, pencairan BLT JPS jilid II kali ini diperuntukkan bagi 80 ribu KPM dari total 116 ribu KPM yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gresik. Sedangkan sisa 36 ribu KPM akan dilakukan pencairan pada tahap selanjutnya.

"Jadi, yang sudah cair ini desa atau kelurahan yang sudah setor SPJ untuk penacairan jilid II," ungkap Ketua DPC PDIP Gresik ini.

Menurut Mujid, BLT JPS ini sangat membantu KPM, karena ekonomi mereka sangat terdampak selama pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari 4 bulan ini.

"Apalagi saat ini juga momen Hari Raya Idul Kurban 1441 H. Jadi, sangat pas sekali pencairan BLT JPS ini," ungkap Mujid.

Sementara Ketua RW 10 Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Katik Alfarisi membenarkan kalau BLT JPS dampak Covid-19 jilid II sudah cair. "Alhamdulillah, sudah cair pak. Hari ini diterimakan," katanya.

Katik mengakui bahwa warganya sudah lama menantikan pencairan BLT JPS jilid II. "BLT ini sangat membantu sekali warga kami di saat ekonomi sulit seperti saat ini," pungkasnya.

Seperti diberitakan, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Gresik, Sentot Supriyohadi menyatakan, untuk pencairan BLT JPS jilid II bulan Juli berbeda dengan bulan sebelumnya. Kalau pada bulan Juni BLT JPS untuk 116 ribu cair melalui 4 gelombang, untuk BLT JPS jilid II dicairkan hanya 2 gelombang.

Untuk pencairan gelombang I sebanyak 80 ribu KPM. Sementara, 36 ribu KPM sisannya dicairkan pada gelombang II. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...