Awas Tertipu Penjual, Begini Ciri-Ciri Mangga Alpukat Asli Khas Pasuruan

Awas Tertipu Penjual, Begini Ciri-Ciri Mangga Alpukat Asli Khas Pasuruan Habib Bakar, pemilik kebun mangga saat menampakkan wujud asli mangga alpukat. (foto: ist).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Mangga alpukat merupakan khas Kabupaten Pasuruan yang tumbuh di empat daerah kecamatan. Di antaranya Bangil, Rembang, Sukorejo, dan Pandaan sebelah Utara.

Namun baru-baru ini, Jakarta dihebohkan oleh pedagang alpukat diduga palsu yang mengatasnamakan Clonal 21 asal Pasuruan. Dalam kemasan kardus juga tertulis "Clonal 21, Rembang Bangil Top". Harga alpukat tersebut relatif murah dibanding alpukat asli dari Pasuruan. 

Salah satu warga Jakarta peminat alpukat, Ilham, mengaku harga tersebut relatif murah. Namun, rasa dan kualitas nya tidak seperti alpukat milik Abu Bakar, langganannya.

"Rasa dari alpukat asli khas Pasuruan itu dagingnya tidak berserat, bercampur dengan daging tipis mirip buah alpukat. Rasanya manis bikin klenger, dan buahnya tahan lama," ujar Ilham beberapa waktu lalu.

Menyikapi fenomena ini, Kepala Desa Oro-Oro Ombo Kulon, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Hariyono, memberikan ciri-ciri alpukat yang asli.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO