Jumat, 30 Oktober 2020 23:29

Bangun Toleransi Lewat Seni Budaya, BrangWetan Gelar FGD Stakeholder Pendidikan

Selasa, 21 Juli 2020 22:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Bangun Toleransi Lewat Seni Budaya, BrangWetan Gelar FGD Stakeholder Pendidikan
DISKUSI ONLINE: FGD stakeholder pendidikan secara daring yang digelar BrangWetan untuk membangun toleransi melalui seni budaya, Selasa (21/7). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Seni dan Budaya BrangWetan berupaya menumbuhkembangkan sikap toleransi di kalangan pelajar melalui pendekatan seni budaya. Upaya itu dengan menggelar program bertajuk Cinta Budaya, Cinta Tanah Air.

Salah satu bentuk kegiatannya, menggelar Focus Group Discussion (FGD) stakeholder pendidikan, secara daring, Selasa (21/7).

FGD itu diikuti sejumlah pihak, di antaranya Dinas Pendidikan Jatim, Dikbud Sidoarjo, Dewan Pendidikan Sidoarjo, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), serta sejumlah perguruan tinggi di Sidoarjo.

FGD juga diikuti musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMA dan SMP, musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMA dan SMP, Disporapar hingga pegiat literasi.

"FGD ini untuk mendapatkan masukan dan saran dari stakeholder pendidikan guna mewujudkan pendidikan yang saling menghargai dengan pendekatan budaya dan seni. Ini menjadi alternatif membentuk murid yang mempunyai nilai toleransi yang tinggi," cetus Proyek Manajer Komunitas BrangWetan, Masrullah, kepada wartawan usai FGD.

Dalam FGD secara daring itu dibahas sejumlah hal. Terutama terkait upaya untuk mempromosikan toleransi dan cinta tanah air melalui seni budaya.

Kata Masrullah, FGD adalah kegiatan awal untuk menyamakan persepsi terhadap visi misi program. Selain itu untuk memperkaya dan menajamkan visi misi, merumuskan bentuk-bentuk program sesuai bidang, serta menyesuaikan dan menyempurnakan modul dan buku.

Setelah FGD, BrangWetan bakal menggelar sejumlah kegiatan lainnya, yakni peningkatkan kapasitas guru dan siswa dalam mempromosikan toleransi di lingkungan sekolah.

Juga peningkatkan kesadaran Dinas Pendidikan untuk penguatan toleransi di institusi pendidikan, pembuatan konten yang mendukung penguatan toleransi di sekolah, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Melalui berbagai kegiatan itu diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru, pembimbing ekstrakurikuler, dan pelajar dalam mempromosikan toleransi di lingkungan sekolah.

Terkait pembuatan konten yang mendukung penguatan toleransi di sekolah, BrangWetan akan membuat sebuah website dan film dokumenter yang berisi rekaman seluruh kegiatan di sekolah.

Rekomendasi serta panduan replikasi program seni budaya di sekolah pun akan disertakan di website ini agar bisa diakses oleh berbagai pihak.

Salah satu konten yang akan dihasilkan sebagai rekap kegiatan adalah film dokumenter yang menceritakan tentang dinamika sekolah selama program, kisah sukses, serta best practice kegiatan seni budaya di sekolah di Sidoarjo.

Ditegaskan Masrullah, jika komunitas sekolah, baik guru maupun siswa memiliki kemampuan mempromosikan, mengimplementasikan, menjalankan nilai-nilai kebudayaan dan kebangsaaan di lingkungan sekolah, yang didukung pemerintah, Dinas Pendidikan, dan komite sekolah, maka ketahanan komunitas atau insitusi sekolah terhadap intoleransi dan ekstrimisme akan meningkat.

"Karen, jalan kebudayaan dapat mendorong, mempromosikan budaya toleransi di lingkungan sekolah," tandas Masrullah. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...