Selasa, 20 Oktober 2020 17:53

Sempat Vakum Akibat Pandemik, Amphibi Jatim Kembali Gerak untuk Perbaikan Lingkungan

Sabtu, 18 Juli 2020 17:20 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Sempat Vakum Akibat Pandemik, Amphibi Jatim Kembali Gerak untuk Perbaikan Lingkungan
Rakerda DPW Amphibi Jatim bersama pengurus DPD Amphibi Kabupaten Nganjuk, Jumat (17/7) kemarin.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Setelah sempat vakum selama masa pandemi Covid-19, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (Amphibi) Jawa Timur kembali aktif bergerak menyoroti dan memberi solusi berbagai persoalan lingkungan.

Aktifnya kembali DPW Amphibi Jatim ini ditandai dengan dilakukannya rapat kerja daerah (rakerda) bersama pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Amphibi Kabupaten Nganjuk, pada Jumat kemarin (17/7).

Rakerda tersebut untuk menyusun program kerja ke depan dan mengevaluasi kinerja pengurus DPD Nganjuk. Hadir dalam rakerda itu Ketua DPW Amphibi Jatim Samsul Hadi didampingi penasehat Saechurojji, Kabiro Hukum Sutarjo, dan Tim Investigasi Surya Darma.

Samsul Hadi menjelaskan, rakerda ini diperlukan untuk mempertajamkan kembali visi dan misi Amphibi. Bahwa Amphibi sebagai lembaga lingkungan hidup independen (NGO), bekerja sesuai amanat perintah Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Meskipun sebagai lembaga pengawas atau sosial kontrol, tapi Amphibi selalu menjalin kerja sama juga membangun sinergitas dengan siapa pun dan lembaga manapun, termasuk industri," kata Samsul, Sabtu (18/7).

Amphibi selalu membuka ruang selebar-lebarnya kepada siapa pun untuk bekerja sama dalam perbaikan lingkungan hidup. Hal ini dilakukan demi terciptanya suasana lungkungan hidup yang asri, sejuk, dan sehat.

Samsul menambahkan, sejak awal berdiri 2016 lalu, Amphibi selalu membantu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) guna menyosialisasikan program lingkungan. Amphibi juga sering terlibat langsung dalam aksi nyata perbaikan lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan, seperti penanaman sejuta pohon, penanaman mangrove, dan pembagian santunan.

Dalam kesempatan kali ini, Penasihat dan Kabiro Hukum Amphibi Jatim juga memberikan arahan kepada pengurus DPD Amphibi Nganjuk terkait masalah pelanggaran lingkungan. Pada saat ada temuan dugaan pencemaran lingkungan, pengurus DPD Amphibi di daerah-daerah diminta mengedepankan etika berorganisasi. Yaitu dengan tetap melakukan koordinasi dengan DPW Amphibi Jatim.

Sementara para pengurus DPD Amphibi Nganjuk berkomitmen akan membuat program kerja baru. Mereka juga akan membuat kreativitas dan berinovasi menciptakan hal-hal baru berkaitan perbaikan lingkungan hidup. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...