​DPRD Kota Batu Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019

​DPRD Kota Batu Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019 Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko didampingi Wakil Wali Kota H. Punjul Santoso, Sekda Drs. Zadim Effisiensi, beserta Kepala BKD mengikuti Rapat Paripurna DPRD di Ruang Rapat Utama Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Selasa (7/7).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko mengikuti Rapat Paripurna DPRD Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Batu tahun 2019, di Ruang Rapat Utama Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Selasa (7/7). Turut hadir juga Wakil Wali Kota H. Punjul Santoso, Sekda Drs. Zadim Effisiensi, beserta Kepala BKD.

Rapat paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Asmadi didampingi Wakil Ketua DPRD yang diikuti oleh seluruh anggota DPRD dan kepala SKPD di ruang kerja masing-masing melalui video conference.

Wali Kota Batu dalam sambutan penyampaian Raperda ini mengatakan, penyampaian raperda dilakukan secara virtual dan jadwalnya melebihi waktu yang ditentukan sesuai Permendagri. Mengingat, situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir, serta adanya kebijakan social distancing yang harus dipatuhi bersama.

"Keterlambatan itu bukan lalainya Pemerintah Kota Batu, melainkan tertundanya pelaksanaan pemeriksaan terinci Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh BPK yang seharusnya dijadwalkan dimulai akhir bulan Maret, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19," ujar Dewanti.

Dewanti mengungkapkan, keterlambatan itu bukan hanya dialami oleh saja, akan tetapi hampir semua kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan oleh BPK RI sangat penting dalam rangka memberikan opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan Pemerintah Kota Batu Tahun Anggaran 2019.

Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan Pemerintah Kota Batu tahun anggaran 2019, Pemerintah Kota Batu mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

"Atas capaian ini saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua baik jajaran eksekutif maupun legislatif atas upaya bersama untuk meningkatkan pengelolaan," pungkasnya. (asa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO