Sambut New Normal, SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun Ciptakan Moblist UMKM

Sambut New Normal, SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun Ciptakan Moblist UMKM Mobilist UMKM karya Siswa SMK Model PGRI Mejayan Madiun yang siap dipasarkan.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun bersama para guru berhasil ciptakan mobil listrik (moblist) yang diperuntukkan bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Moblist berukuran 1,5 X 3 meter yang diciptakan Siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan dengan bimbingan para guru itu tidak hanya digunakan untuk pembelajaran di sekolah, namun mobil listrik ini juga untuk mendukung program SMK Model PGRI 1 Mejayan yang saat ini telah menjalin kemitraan dengan 72 desa di Kabupaten Madiun.

Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hamad mengatakan, karya moblist ini disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang  mengakibatkan banyak pegawai dirumahkan, sehingga jumlah pengangguran yang terdampak PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) pun berpotensi meningkat. Kondisi ini, juga turut berdampak terhadap siswa SMK yang lulus di tahun ini.

“Ini salah satu fakta yang terjadi saat ini, namun tidak harus menjadi halangan dan mematikan mental optimistis dan produktif, walaupun pandemi Covid-19 memang berdampak negatif bagi sebagian masyarakat pada umumnya,” ujar Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun, Sampun Hamad, Selasa (7/7/ 2020).

Oleh karena itu, lanjutnya, SMK Model PGRI 1 Mejayan telah mempersiapkan peserta didik yang berkarakter, terampil, berpikir cerdas, profesional, serta bisa membaca peluang, sehingga pada musim yang tidak menentu seperti saat ini, Tim SMK Model PGRI 1 Mejayan dapat berinovasi untuk mengembangkan diri agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Khususnya pekerja dampak PHK akibat dari pandemi Covid-19 maupun lulusan SMK pada tahun ini,” terang Sampun.

Tim SMK yang dipimpin Sampun, membuka peluang kerja (bisnis) bagi korban PHK dan lulusan SMK dengan berinovasi menciptakan produk berdaya jual tinggi. "Tim INKA Group, siap membimbing SMK Model PGRI 1 Mejayan secara teknis untuk menuju pembuatan produk Mobil Listrik UMKM karya anak bangsa secara massal demi menyambut . Kami punya semangat juang ‘Sulit Tapi Bisa, Bukan Bisa Tapi Sulit’,” seru Sampun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO