Cerita Duka SDN Kare 01 Madiun Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Gembira Akhirnya Bisa PTM

Cerita Duka SDN Kare 01 Madiun Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Gembira Akhirnya Bisa PTM Pada masa PSBB, SDN Kare 01 sempat mendapatkan kepercayaan untuk mengirimkan anak didiknya yang tergabung dalam Sanggar Sumekar SDN Kare 01 untuk tampil dalam pentas seni membawakan kesenian Thok Thok Bruk. Inset, Suroso, Kepala SDN Kare 01.

MADIUN, BANGSAONLINE com - Pandemi Covid-19 menyisakan cerita suka dan duka dari para pendidik, salah satunya seperti yang dialami para guru di SDN Kare 01, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Suroso, Kepala SDN Kare 01, mengungkapkan duka para guru saat masa pandemi adalah di mana kegiatan belajar harus dilakukan secara daring.

"Daerah kita pegunungan, Mas. Pembelajaran secara daring membutuhkan perhatian yang ekstra bagi para teman-teman di sini (guru, red). Entah itu prasarana maupun sarana, serta jalan yang naik turun ini," ungkapnya kepada BANGSAONLINE.com saat ditemui di sekolah, Kamis (21/10).

Terkait sarana proses pembelajaran, menurut Suroso, banyak ditemukan kendala pada para murid.

"Untuk pembelajaran secara daring, guru tidak ada masalah. Tapi pada muridnya ada yang hanya punya 1 android, sehingga mereka harus gantian dengan saudaranya ataupun orang tuanya. Belum lagi masalah sinyal maupun pengadaan paket data bagi mereka," ujarnya.

Meski demikian, Suroso bersyukur karena para guru SDN Kare 01 proaktif untuk mencari solusi atas masalah tersebut. Para guru rela mendatangi siswa walaupun rumahnya di atas bukit dan harus jalan kaki.

Selanjutnya, guru mengadakan belajar kelompok bagi murid yang rumahnya berdekatan, dengan jumlah maksimal 5 anak.

Karena itu, sejak diperbolehkan PTM, Suroso mengaku gembira. Sebab, beban para guru sudah berkurang.

"Alhamdulillah kita sudah boleh PTM, sehingga guru tidak harus keluar sekolah. Adapun PTM yang dilaksanakan mengunakan sistem shift 2 kali sehari. Dan yang boleh masuk pun harus mengisi form persetujuan. Serta tak lupa wajib menjalankan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya. (dro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Melanggar PPKM Darurat, Warung/Resto di Kota Madiun Bisa Ditutup Selama 3 Hari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO