UTM Berencana Tetap Lanjutkan Perkuliahan Daring Meski Pandemi Covid-19 Usai

UTM Berencana Tetap Lanjutkan Perkuliahan Daring Meski Pandemi Covid-19 Usai Dr. Ir. Abdul Azis Jakfar, M.T., Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Universitas Trunojoyo Madura.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berencana tetap akan melanjutkan proses belajar mengajar secara daring meski nantinya situasi sudah kembali normal dari Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan UTM, Dr. Ir. Abdul Azis Jakfar, M.T., kepada BANGSAONLINE.com, Senin (6/7/2020).

Dia mengaku, hal ini perlu dilakukan karena inovasi dari Universitas Trunojoyo Madura adalah menuju Learning Management System (LMS), sehingga adanya internet menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari sistem pembelajaran.

"Pandemi Covid-19 ini juga memberikan hikmah, sungguh luar biasa. Di mana sebelumnya hal yang tidak mungkin, namun sekarang dapat dipercepat dengan menggunakan teknologi," ujarnya.

Menurutnya, wacana UTM melanjutkan pembelajaran secara daring agar perkuliahan lebih efektif. Bahkan ia yakin UTM akan menjadi pionir dalam perkuliahan daring.

"Ini lebih efektif. Karena ketika kita berbicara teori, maka dosen dan mahasiswa tidak perlu bolak-balik bertemu. Karena sudah ada di web yang disediakan. Bahkan, mahasiswa juga bisa belajar dari referensi lainnya, sehingga nantinya fungsi dosen sebagai fasilitator," jelasnya.

Dikatakannya, proses perkuliahan daring ini hanya dilakukan pada mata kuliah yang output-nya pengetahuan atau teori untuk mengetahui dan memahami. Namun, untuk mata kuliah keterampilan, mahasiswa harus melakukan perkuliahan, karena ketika mahasiswa di laboratorium harus bertemu dengan media, bahan, dan alat praktek.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO