Tanpa Dibantu Pengawas, Penyandang Disabilitas Lancar Ikuti UTBK di UTM Bangkalan

Tanpa Dibantu Pengawas, Penyandang Disabilitas Lancar Ikuti UTBK di UTM Bangkalan Indah Sukma Kartika Sari, peserta difabel asal Kabupaten Pamekasan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Trunojoyo Madura diikuti oleh 3.489 peserta dari berbagai daerah. Satu peserta di antaranya adalah penyandang disabilitas.

Beruntung, peserta difabel tersebut dapat melakukan tes dengan lancar tanpa kendala apapun.

"Alhamdulillah, pelaksaan tes UTBK saya di UTM kali ini berjalan dengan lancar dan support yang diberikan oleh petugas pelaksana juga baik," ujar Indah Sukma Kartika Sari peserta difabel asal Kabupaten Pamekasan ini kepada media setelah mengerjakan test online-nya, Minggu (5/7/2020)

Indah mengaku, dalam pengerjaan tes UTBK itu, dirinya mengerjakan seluruh soal sendiri tanpa dibantu oleh petugas ataupun pengawas tes.

"Sebelum mengerjakan, memang sempat ditawari untuk dibantu oleh petugas. Tapi saya bilang, saya bisa mengerjakannya sendiri, karena saya juga sudah terbiasa melakukan aktivitas saya sendiri," ujar perempuan yang mendaftarkan diri ke Universitas Negeri Surabaya Jurusan Teknik Informatika ini.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada calon mahasiswa yang bernasib sama seperti dirinya untuk tetap optimis dan percaya diri dalam meraih mimpi, walaupun berada dalam keterbatasan.

"Setiap orang itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Jadi, jika kita memiliki kekurangan, maka kita harus tutupi kekurangan itu dengan kelebihan yang kita miliki. Jangan malu, tapi buktikan bahwa kita ini bisa," pungkasnya. (ida/uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO