Sabtu, 19 September 2020 15:40

​Wali Kota Kediri Ajak OPD Terkait Pulihkan Ekonomi Pelaku UMKM

Selasa, 23 Juni 2020 18:03 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Wali Kota Kediri Ajak OPD Terkait Pulihkan Ekonomi Pelaku UMKM
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (berdiri).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dampak ekonomi yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 membuat UMKM mengalami penurunan penjualan. Untuk itu perlu ide-ide kreatif agar dapat mengembalikan tingkat penjualan mereka seperti semula dan bahkan dapat lebih meningkat.

Guna mencari langkah strategis untuk perkembangan UMKM di Kota Kediri, Selasa (23/6/2020), bertempat di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Wali Kota Abdullah Abu Bakar mengajak Klinik UMKM Kota Kediri, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, dan Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Kota Kediri untuk melakukan brainstorming.

"Data yang saya dapat dari kementerian, ada peningkatan trafik pada teknologi digital sebesar 15-20 persen di masa pandemi ini. Sementara dari total pelaku UMKM hanya 13 persen yang go online. Artinya masih ada 87 persen UMKM yang belum berjualan secara online," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

Menurut wali kota, produk UMKM Kota Kediri akan dipersiapkan agar bisa lebih dikenal secara luas dan dapat bersaing dengan UMKM daerah lain. Lalu yang tak kalah penting adalah meningkatkan penjualan mereka. Caranya dengan mempersiapkan dan menjual produk-produk tersebut di sebuah marketplace atau platform belanja online yang sangat digemari masyarakat saat ini.

"Menjual produk secara online maupun marketplace itu lebih cepat dikenal dan laku, bila dibandingkan dengan offline. Karena pasar marketplace begitu luas, tidak hanya di Indonesia saja tetapi bisa lintas negara," katanya.

"Sebaliknya, bila dijual secara offline harus mendirikan toko yang butuh biaya besar serta produknya hanya diketahui masyarakat sekitar. Butuh waktu lama dan biaya besar agar produk diketahui oleh masyarakat luas," ujarnya.

"Namun, PR-nya adalah bagaimana para pembeli itu tahu soal keberadaan produk dari UMKM lokal dan tertarik untuk membelinya, itu yang harus dipikirkan. Kalau hanya upload ke marketplace lalu dibiarkan saja tanpa sentuhan kreativitas dan marketing, biasanya kurang maksimal," paparnya.

Masih menurut wali kota, dengan gambaran tersebut ada beberapa hal yang dipersiapkan Pemerintah Kota Kediri untuk membawa UMKM Kota Kediri bisa masuk di marketplace. Antara lain dari segi produk apakah sudah baik atau belum, contohnya makanan, apakah rasanya sudah enak atau belum dan apa ciri khas produk tersebut.

"Kemudian dari segi kemasan atau packaging sudah cantik atau belum, karena packaging yang bagus itu bisa meningkatkan harga jual. Lalu, para UMKM juga harus melek teknologi agar lebih mudah pemasarannya dan produk lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas," tukasnya. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 19 September 2020 12:59 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Royal Singosari Hospitality merupakan operator hotel lokal yang memiliki 5 (lima) hotel tersebar di 3 (tiga) kota besar yaitu Bali, Surabaya dan Lombok.Telah sukses dengan Brand Royal Singosari pada 3 hotel yang sudah bero...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...