Pekerja Konstruksi Diharuskan Berasuransi Sejak Awal Proyek

Pekerja Konstruksi Diharuskan Berasuransi Sejak Awal Proyek DPUTR Gresik saat sosialisasi tentang asuransi bagi pekerja konstruksi, Kamis (18/6). foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik menggelar Sosialisasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR), di lantai III ruang rapat DPUTR, Kamis (18/6).

Sosialisasi yang diikuti sekitar 50 anggota asosiasi perusahaan konstruksi yang ada di Gresik itu sebagai tindak lanjut terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomer 14 Tahun 2020 (PMPUPR 14/2020), tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Melalui Penyedia.

Menurut Sekretaris DPUTR Ketut Pratikno, PMPUPR 14/2020 ini menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 64 P/HUM/2019 tanggal 3 Oktober 2019 yaitu perlu melakukan penyesuaian ketentuan pengadaan jasa konstruksi melalui penyedia. 

"Kegiatan ini untuk menyamakan pengetahuan dan persepsi terhadap aturan tersebut yaitu tentang standar dan pedoman pengadaan jasa konstruksi melalui penyedia, sehingga dalam pelaksanaannya dapat meminimalisir perbedaan persepsi dalam rangka pengadaan jasa konstruksi. Kami berharap dengan berlakunya Permen terbaru ini proses lelang bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Kepala Bidang Bina Jasa DPUTR, Imam Basuki menyatakan bahwa aturan ini masih baru karena ditandatangani sebulan yang lalu. Dan, sosialisasi PMPUPR 14/2020 baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Gresik. 

"Sehari sebelumnya, kami juga mengadakan sosialisasi kepada seluruh OPD di Pemkab Gresik, terutama kepada OPD yang memiliki pekerjaan konstruksi dan Asosiasi Jasa . Alhamdulillah, semua OPD yang kami undang hadir," katanya.

Terkait pelibatan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gresik, Imam menjelaskan bahwa sesuai aturan PMPUPR 14/2020, perlindungan untuk tenaga kerja jasa konstruksi harus didaftarkan sebelum proyek dimulai.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO