Pulihkan Perekonomian Dampak Covid-19, Pemkab Ajak Perantau Lakukan Investasi di Bangkalan

Pulihkan Perekonomian Dampak Covid-19, Pemkab Ajak Perantau Lakukan Investasi di Bangkalan Drs. Mohni, M.M. Wakil Bupati Bangkalan saat mengikuti Halal Bihalal Keluarga Madura Lintas Provinsi dan Lintas Negara.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Untuk memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, Wakil Bupati Bangkalan Drs. Mohni, M.M. mengajak perantau sukses asal Bangkalan untuk melakukan investasi di kampung halamannya.

Wabup berharap masyarakat Bangkalan yang sudah sukses di tanah rantaunya melakukan investasi di Madura, untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonominya akibat Covid-19.

"Kami sangat welcome dan akan menyambut baik investasi yang dilakukan oleh saudagar yang ada di tempat rantau agar dapat membantu masyarakat Bangkalan," ujarnya saat Halal Bihalal Keluarga Madura Lintas Provinsi dan Lintas Negara, Sabtu (13/6) lalu. Acara yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Madura Institut Pertanian Bogor (IPB) ini dikemas dalam bentuk diskusi online dengan tema "Membangun Madura Pasca Pandemi: Perspektif Sosial Budaya & Ekonomi".

Mohni yakin, pulangnya perantau ke Bangkalan bisa memutar roda perekonomian masyarakat, khususnya di lingkungan pedesaan. "Karena pemudik ini biasanya pulang dengan membawa oleh-oleh atau membeli barang-barang di daerah masing-masing," ungkapnya.

Selain mengajak masyarakat Bangkalan berinvestasi, untuk memulihkan perekonomian, pihaknya juga akan memberikan fasilitas kemudahan akses bahan baku bagi pengusaha kecil atau menengah.

"Jika ini dilakukan, perputaran ekonomi akan langsung pulih dengan sendirinya. Walaupun belum adanya new normal, masyarakat bisa pelan-pelan kembali bangkit," ujarnya.

Mohni juga mengatakan akan memfasilitasi permodalan bagi pelaku usaha yang membutuhkan, melalui perbankan yang ada di Kabupaten Bangkalan. Serta, mengedukasi pengusaha agar mengembangkan usahanya di jalur e-commerce.

"Saat ini yang terjadi di Bangkalan, pelaku usaha batik ataupun kuliner mulai melakukan pola pemasaran melalui e-commerce. Sehingga ini baik untuk dikembangkan," terangnya.

Sedangkan dalam sektor permukiman dan ekonomi kerakyatan, Mohni menyampaikan akan memberikan simulasi program bedah rumah kepada warga kurang mampu.

"Kami juga akan bantu guru ngaji dari segi ekonomi, sehingga harapannya guru ngaji juga bisa membantu memberikan penguatan secara mental yang bagus kepada masyarakat," pungkasnya. (ida/uzi/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO