Rabu, 30 September 2020 00:38

​Komisi A Komitmen Perkuat Fungsi dan Wewenang Bakorwil

Jumat, 12 Juni 2020 20:58 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Komisi A Komitmen Perkuat Fungsi dan Wewenang Bakorwil
Ubaidillah, S.Fil.I, Anggota Komisi A DPRD Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi A DPRD Jawa Timur menggelar rapat kerja dalam rangka Evaluasi Kinerja Tahun 2019 Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan Jawa Timur. 

Rapat Kerja yang diselenggarakan di kantor Bakorwil Bojonegoro itu dipimpin oleh Ketua Komisi A DPRD Jatim, Istu Hari Bagio.

Komisi A menyampaikan, komitmen akan memperkuat fungsi dan wewenang Bakorwil dalam perannya di pemerintahan. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi A DPRD Jatim, Ubaidillah.

"Saya sudah pernah meminta gubernur membagi kewenangannya ke Bakorwil, tapi rupanya permintaan itu belum dipenuhi. Setelah ini saya akan minta lagi agar gubernur membagi wewenangnya ke Bakorwil, atau kalau tidak, kita akan paksa bagaimanapun caranya agar wewenang dan fungsi Bakorwil kuat," tegas politikus muda PKB itu, Jumat (12/6).

Pria yang akrab disapa Gus Ubed ini menjelaskan, fungsi Bakorwil seharusnya bukan hanya koordinasi, namun harus lengkap POAC-nya, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.

"Mubazir kalau Bakorwil hanya dijadikan tempat rapat," imbuh kader Ansor ini.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Jatim, Istu Hari Bagio mengaku prihatin dengan organisasi dan tupoksi Bakorwil yang sedemikian lemah. Terbukti, mereka banyak tidak tahu tentang perkembangan terkini pemerintahan Provinsi Jatim, maupun pemeritahan kabupaten/kota yang ada di bawah koordinasi Bakorwil.

"Kami akan membuat kajian akademik baru tentang penguatan eksistensi Bakorwil. Hasil kajian itu akan disampaikan ke gubernur sebagai bahan evaluasi," kata purnawirawan bintang dua TNI AD tersebut.

Hadir dalam Rapat Kerja ini lima Kepala Bakorwil, yaitu Kepala Bakorwil I Madiun Gatot Gunarso, Kepala Bakorwil II Bojonegoro Dyah Wahyu Ermawati, Kepala Bakorwil III Malang R KH Sjaichul Ghulam, Kepala Bakorwil IV Pamekasan H. RB Fattah Jasin, dan Kepala Bakorwil V Jember Tjahjo Widodo.

Evaluasi kinerja Bakorwil tersebut mengarah pada evaluasi eksistensi Bakorwil. Hal itu terjadi karena para Kepala Bakorwil menjawab tidak tahu setiap ditanya hal-hal penting terkait pemerintahan dan pembangunan di wilayah kerjanya. Komisi A langsung menangkap situasi dan kondisi bahwa saat ini para Kepala Bakorwil memiliki banyak keterbatasan fungsi dan wewenang. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...