Senin, 28 September 2020 05:35

Direktur RS Fathma Medika Beberkan Penyebab Banyaknya Warga Gresik Terpapar Corona di RS

Rabu, 03 Juni 2020 09:43 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Direktur RS Fathma Medika Beberkan Penyebab Banyaknya Warga Gresik Terpapar Corona di RS
dr. Asluchul Alif, Direktur RS Fathma Medika Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktur Rumah Sakit (RS) Fathma Medika, dr. Asluchul Alif membeberkan penyebab banyaknya warga Gresik yang terpapar virus Corona (Covid-19), meski rekam jejaknya tak pernah bepergian ke mana-mana.

"Iya memang benar. Warga kami (Gresik) banyak yang terinfeksi Corona. Padahal, tak pernah bepergian ke tempat-tempat zona merah, atau interaksi dengan warga positif Corona, hanya ke RS untuk berobat," ujar Asluchul Alif kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (3/6).

Menurut Asluchul Alif, pasien Corona di Gresik bisa jadi terpapar saat berobat di RS. "Jadi, kemungkinan tertular saat berobat ke RS. Atau, bisa juga terpapar keluarganya yang habis bepergian, meski yang habis bepergian tersebut tak terpapar. Bisa jadi terkena virus yang menempel di pakaian yang habis dipakai keluarganya yang habis bepergian akibat terpapar orang lain," terang Alif.

Alif mengungkapkan, bahwa RS yang merawat pasien Corona sangat rentan menularkan virus kepada pasien lain saat berobat di sana. Buktinya, banyak dokter dan perawat yang merawat pasien Corona juga terpapar.

Di Kabupaten Gresik, tercatat ada sekitar 17 pasien positif Corona yang tidak memiliki riwayat bepergian ke zona merah, atau kontak dengan positif Corona.

"Ya itu tadi. Mereka bisa terpapar (tertular) saat berobat di RS atau terpapar virus yang dibawa keluarganya, baik di baju atau media lain usai bepergian yang kemudian kontak langsung dengan penderita," jelas Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Untuk itu, Alif mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat berobat ke RS. "Gunakan standar operasi prosedur (SOP) atau standar Corona saat berobat, seperti menggunakan masker, physical distancing (jaga jarak), cuci tangan pakai sabun, dan SOP lain," pesannya.

"RS-RS di Kabupaten Gresik saat ini tengah meningkatkan protokol kesehatan Covid-19 untuk mencegah sebaran dan terjadinya klaster RS. Jadi, RS rutin lakukan penyemprotan disinfektan, dan tegakkan SOP Covid-19 untuk mencegah penularan," pungkasnya. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...