Minggu, 12 Juli 2020 11:03

​Ansor Surabaya Dukung Nama KH. Wahab Chasbullah Gantikan Jalan Singapore

Senin, 01 Juni 2020 18:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Ansor Surabaya Dukung Nama KH. Wahab Chasbullah Gantikan Jalan Singapore
HM. Faridz Afif, Ketua GP Ansor Kota Surabaya. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Surabaya mendukung nama KH. Wahab Chasbullah diabadikan sebagai nama jalan di Surabaya. Jalan KH. Wahab Chasbullah menggantikan Jalan Singapore di kawasan Benowo, Kecamatan Pakal.

HM. Faridz Afif, Ketua GP Ansor Kota Surabaya menilai sudah sangat tepat nama Jalan Singapore diganti. Sebab nama Singapore tidak membumi, bahkan tidak ada benang merahnya dengan Kota Surabaya maupun masyarakat Surabaya.

"Semangat kepahlawanan KH. Wahab Chasbullah akan memperkuat jati diri Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Alhamdulillah, pilihan nama yang tepat karena Kiai Wahab adalah Pahlawan Nasional," tutur pria yang akrab disapa Gus Afif itu, Senin (1/6/2020).

Afif mengungkapkan, seluruh kader Ansor menyambut suka cita keberadaan Jalan KH. Wahab Chasbullah di Kota Surabaya. Sebab, selain berstatus pahlawan nasional, Kiai Wahab atau Mbah Wahab adalah salah satu Pendiri NU dan juga Pendiri GP Ansor.

"Ini berkah bagi kader Ansor di Surabaya. Semoga kami bisa meneladani semangat kepahlawanan dan pengabdian Mbah Wahab," imbuh Afif.

Terpisah, Mukhlason, warga Benowo bersyukur ada nama tokoh NU sekaligus pahlawan nasional di wilayahnya. Ia mengaku akan melaksanakan tasyakuran bila plang nama KH. Wahab Chasbullah sudah resmi berdiri.

"Insya Allah, saya akan gelar tasyakuran bersama sahabat-sahabat Ansor di Pakal dan sekitarnya," ujar Ketua PAC GP Ansor Benowo ini.

Untuk diketahui, Pansus Perubahan Nama Jalan telah menyetujui perubahan sembilan nama jalan di Surabaya pada sidang paripurna DPRD Surabaya, Kamis (28/5/2020). Sembilan nama jalan baru itu adalah Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB) berubah menjadi Jalan dr Muhammad Hatta, Jalan Timur Darmo Park menjadi Jalan Dr KH Idham Chalid, dan Jalan Bintang Diponggo (Jalan Dukuh Kupang Selatan) menjadi Jalan Slamet Riyadi.

Kemudian Jalan Sukomanunggal Jaya berubah menjadi Jalan Pangeran Antasari. Jalan Raya Satelit, Jalan Darmo Harapan I, Jalan Darmo Harapan III (sebagian) berubah menjadi Jalan Hasanuddin. Sedangkan Jalan Darmo Harapan III dan Jalan Darmo XII berubah menjadi Jalan Cut Nyak Dien. Sedangkan Jalan Singapore yang berada di dekat Stadion Gelora Bung Tomo diusulkan berubah menjadi Jalan KH Wahab Chasbullah. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...