Sabtu, 11 Juli 2020 08:06

​PSBB Surabaya Raya JiIid III, Nasdem Jatim: Sama-sama Tak Disiplin

Selasa, 26 Mei 2020 14:42 WIB
Editor: MMA
​PSBB Surabaya Raya JiIid III, Nasdem Jatim: Sama-sama Tak Disiplin
Nico Ainul Yakin (tengah, bermasker, dan pakai topi). foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jawa Timur, Nico Ainul Yakin, menilai perpanjangan jilid III Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) penanganan Covid-19 untuk Surabaya Raya (Sidoarjo, Gresik dan Surabaya) karena sama-sama tak disiplin.

“Masyarakat tidak disiplin, petugasnya juga tak disiplin,” kata Nico Ainul Yakin kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (26/5/2020).

Ia memberi contoh soal check point di jalan raya. “Saya kalau pulang dari Surabaya ke Sidoarjo tidak ada petugas sama sekali, mulai pagi hingga sore. Baru pukul 8 malam, setelah isya’ ada petugas dan sangat ketat,” kata Nico yang kini banyak menulis puisi karena harus banyak di rumah.

Loh, kalau pagi hingga sore dijaga ketat, apa tidak mengganggu aktivitas masyarakat? “Check point kan bukan untuk menghadang orang. Tapi menertibkan para pengendara mobil sesuai protokol kesehatan. Misalnya harus pakai masker, tidak boleh membawa penumpang lebih dari tiga orang,” kata Nico.

Tugas itulah - tegas Nico - yang harus diperketat. Bukan menghadang orang. Sehingga peristiwa-peristiwa terkait tokoh seperti kasus Habib Umar Assegaf Pasuruan dan Satpol PP Surabaya Asmadi tak perlu terjadi.

Mantan Ketua PMII Jawa Timur ini sempat menunjukkan peristiwa lucu. “Kan ada peristiwa terjadi. Ada mobil truk pengangkut mobil melewati check point. Mobil yang diangkut itu dibungkus kain. Ketika petugas check point mengecek, ternyata di dalam mobil yang diangkut truk itu berisi banyak orang. Ketika ditanya mau ke mana sampean Bu. Jawabannya, ya mau pulang,” kata Nico yang juga berdarah Madura sambil tertawa. Akhirnya, petugas menyuruh putar balik.

Nico justru salut terhadap para ketua RT di kampung-kampung. “Yang disiplin justru para petugas di kampung-kampung. Para Ketua RT. Gang dikasih portal. Semua diperiksa,” kata Nico.

Meski demikian, Nico menilai kinerja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah optimal. "Tapi koordinasinya dengan para kepala daerah yang perlu diperbaiki. Karena masih ada kepada daerah yang egonya tinggi sehingga mengorbankan rakyat banyak," katanya. 

Seperti diberitakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperpanjang pemberlakuan PSBB untuk Surabaya Raya. PSBB tahap III itu mulai 26 Mei hingga 8 Juni 2020.

Keputusan itu disepakati usai Pemerintah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Gresik menggelar rapat evaluasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, selama dua hari terakhir.

"Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik memutuskan untuk melanjutkan PSBB tahap ketiga," ujar Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur, Heru Tjahjono dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (25/5).

Keputusan perpanjangan PSBB tahap ketiga tersebut juga termaktub dalam keputusan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa No. 188/258/KPTS/013/2020 tentang Perpanjangan Kedua Pemberlakukan PSBB di Wilayah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. (MMA)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...