Sabtu, 30 Mei 2020 12:27

Tuntut Kembalikan Tanah Kas Desa, Berakhir Penyegelan Pintu Gerbang Kantor Desa Ngebrak

Rabu, 20 Mei 2020 11:09 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Muji Harjita
Tuntut Kembalikan Tanah Kas Desa, Berakhir Penyegelan Pintu Gerbang Kantor Desa Ngebrak
Pintu gerbang kantor Desa Ngebrak yang disegel warga. (foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Karena tidak ada titik temu antara perwakilan warga dan Kepala Desa Ngebrak, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Saeroji, akhirnya warga menyegel pintu gerbang Kantor Desa Ngebrak.

Penyegelan pintu gerbang dilakukan sejak Selasa (19/5) malam. Karena pintu tersegel, maka aparat Desa, BPD (Badan Permusyawatan Desa) Ngebrak dan warga yang hendak mengurus surat-surat, tidak bisa masuk Kantor.

Saeroji, Kades Ngebrak, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri mengaku belum berniat untuk mengganti tanah kas desa itu karena masih harus dimusyawarahkan dengan BPD.

Sedang terkait penyegelan pintu gerbang Kantor Desa, Saeroji mengaku tidak mau ambil peduli. "Kalau soal penyegelan pintu, itu urusan aparat keamanan," kata Saeroji, Rabu (20/5).

Setelah terjadi negosiasi yang sedikit alot antara warga dan aparat Keamanan, pintu gerbang yang semula ditutup dengan cara dilas, akhirnya dibuka kembali.

"Kami mau membuka pintu, karena kasihan warga yang hendak mengurus surat-surat. Nanti kalau tidak menemui titik temu, ya kami segel lagi," kata Ahmad Munir, juru bicara warga Ngebrak.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Ngebrak, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri menuntut pengembalian tanah kas desa seluas 700 Ru, yang hilang.

Tanah Kas Desa yang hilang itu adalah tanah kas pengganti yang berada di Desa Toyoresmi, Kecamatan Gampengrejo.

Tanah kas Desa tersebut memang sempat dikuasai desa sejak Tahun 1997 sampai 2015. Tapi sejak tahun 2015 itu, tiba-tiba muncul sertipikat atas nama Wiji Astuti, sehingga tanah kas desa itu berubah kepemilikannya menjadi milik Wiji Astuti.

Bahkan status kepemilikan tanah yang semula milik Desa Ngebrak itu, dikuatkan dengan Kepurusan Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri. (uji/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...