Senin, 28 September 2020 04:54

Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Usulkan Bantuan untuk Guru Nonformal

Kamis, 14 Mei 2020 19:04 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Habibi
Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Usulkan Bantuan untuk Guru Nonformal
Ilustrasi. (foto: amenk08).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pasuruan melalui Dinas Pendidikan mengusulkan bantuan sembako ke Dinsos untuk meringankan beban ekonomi puluhan ribu guru non-PNS yang mengajar di beberapa lembaga nonformal.

Lembaga nonformal itu di antaranya adalah Madrasah Diniyah (Madin), Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (M)I, dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) di wilayah Kabupaten Pasuruan yang terdampak Covid-19.

Kepala Bidang Perguruan Agama Islam (Pergurag) Dinas Pendidikan, Drs. Yusuf menjelaskan, pandemi Covid-19 secara nasional mengakibatkan beberapa kegiatan belajar mengajar dihentikan, baik itu sekolah formal mapun nonformal, sehingga kegiatan belajar kini dilakukan di rumah.

Menurutnya, imbas yang dirasakan dari kebijakan tersebut adalah para guru yang mengajar di beberapa lembaga pendidikan nonformal, pendapatannya turun drastis karena aktivitas belajar mengajar mereka ada yang dihentikan.

"Kita sudah mengajukan ke Dinsos untuk 16 guru non-PNS yang mengajar di Madin, TPQ, RA, MI, dan MTS agar mendapatkan bantuan sembako," jelasnya, Kamis (14/5/2020).

Sementara itu, Kepala Dinsos, Suwita Adi menerangkan, usulan data guru non-PNS yang diajukan oleh Dinas Pendidikan, saat ini masih dilakukan verifikasi oleh petugas. Langkah ini dilakukan, guna untuk menghindari dobel data penerima bantuan yang digulirkan oleh Kemensos.

"Kita sudah rapat dengan dinas terkait, untuk teknis pelaksanaan nanti ditangani oleh Dinas Pendidikan," terang mantan Camat Pandaan ini.

Suwita menuturkan, bila data yang diverifikasi oleh petugas tersebut ditemukan dobel data, di mana yang bersangkutan sudah masuk data DTKS (Data Terpadu Kesejahteran Sosial), maka namanya dipastikan akan dicoret.

"Langkah ini dilakukan agar penyaluran bantuan bisa merata kepada masyarakat yang memang berhak menerima bantuan," pungkasnya. (hab/par/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...