Lantamal VI Sukses Apungkan Keramba Jaring untuk Ketahanan Pangan Selama Pandemi Covid-19

Lantamal VI Sukses Apungkan Keramba Jaring untuk Ketahanan Pangan Selama Pandemi Covid-19 Lantamal VI Sukses Apungkan Keramba Jaring cdi kolam ikan Baddoka.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com-  Berbagai upaya terus dilakukan Pangkalan Utama TNI AL VI (I) yang di Komandani oleh Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas untuk menjaga kelangsungan ketahanan pangan.

Salah satu langkah yang diambil adalah sektor perkebunan dan perikanan, khususnya sub sektor perikanan budidaya yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pangan ke depan.

Upaya itu diantaranya dengan menggenjot produksi ikan mandiri di tengah Pendemi Covid-19 sekarang ini.

Menurut Djodi-sapaan akrab Komandan I, dirinya sudah memerintahkan Aspotmar Kolonel Marinir I Dewa Gede Wirawan selaku Koordinator Ketahanan Pangan Covid-19 I, untuk mengembangkan sektor perikanan tersebut dengan membuat 2 keramba jaring apung berukuran 5 x 5 meter yang telah sukses diapungkan di kolam ikan Baddoka.

“Sebagai langkah awal, setelah pembuatan keramba jaring apung tersebut kami mencoba melepaskan beberapa ratus ekor bibit ikan nila dari kolam I di Pannampu, selanjutnya dipelihara di kolam yang baru ini,” ujar Djodi.

“Tahap berikutnya setiap 1 keramba akan di isi dengan 3.000 bibit ikan nila, jadi total akan ada 6.000 bibit ikan nila yang akan dilepas di kedua karamba jaring apung tersebut, " imbuhnya.

“Ke depan, budi daya ikan air tawar ini bisa digunakan oleh seluruh personel I dan masyarakat untuk memenuhi tambahan kebutuhan pangan sehari-hari dan untuk membantu mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan dan sesuai perintah Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto pada saat masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto mengapresiasi atas kerja keras dan kerja cerdas yang dilaksanakan I, " Mudah-mudahan bisa ditiru oleh satuan lain sehingga program ketahanan pangan dari pemerintah bisa kita wujudkan, " tandasnya. (*/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO