Sabtu, 31 Juli 2021 03:36

​Pandemi Corona, Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid di Tuban Makin Marak

Selasa, 28 April 2020 22:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Pandemi Corona, Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid di Tuban Makin Marak
Pelaku pencurian kotak amal masjid tertangkap kamera cctv sedang beraksi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Di saat wabah Corona, aksi pencurian kotak amal di masjid yang berada di Kabupaten Tuban semakin marak. Aksi pencurian kotak amal kali ini terjadi di Masjid Nurul Amal Singosari, Lingkungan Widengan, Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Selasa (28/4).

Dalam aksi pencurian yang terekam CCTV itu, pelaku bertindak sendirian. Kotak amal masjid ia gendeong, lalu dinaikkan ke motor. Sebelum menggondol kotak amal, pelaku terlihat mondar-mandir sembari melihat keadaan di sekitarnya.

Sementara jamaah masjid baru menyadari jika kotak amal tersebut hilang saat hendak menaruh kunci di atas kotak amal.

"Pas saya sudah mau niat sholat, keponakan saya memanggil bilang kalau kotak amalnya tidak ada," terang Hj Astimi, salah satu jamaah Masjid Nurul Amal.

BACA JUGA : 

Sakit Hati Sering Diejek, Pemuda di Tuban Nekat Bacok Tetangga Hingga Luka Cukup Serius

Dua Oknum Perangkat Desa di Tuban Keroyok ODGJ Hingga Tewas

Mabuk Tuak, Pria Asal Lamongan Aniaya Korban hingga Tewas Bersimbah Darah di Tepi Jalan

Bawa Anak Kecil, Pasutri di Tuban Kompak Curi Hp, Aksinya Terekam CCTV

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Nurul Amal, H Achmad mengatakan, pengurus masjid segera mengecek rekaman CCTV yang ada di masjid. Dalam rekaman itu, pelaku nerupakan seorang laki-laki bertubuh besar. 

Saat beraksi, pelaku menggunakan sepeda motor Honda Beat warna hitam dan terlihat seorang diri. Dalam aksinya, pelaku hanya butuh waktu sekitar sepuluh menit untuk menggasak kotak amal itu.

"Dalam rekaman kejadian itu sekitar setengah satu (00:30 WIB) dini hari tadi. Dan tadi pagi sudah kami laporkan kepada pihak yang berwajib," timpalnya.

Untuk isi kotak amal, pihaknya tidak terlalu tahu persis. Pasalnya, pada awal bulan puasa kemarin uangnya habis diambil oleh pengurus masjid. "Kalau isinya tidak tahu, tapi kalau harga kotak amalnya sendiri itu sendiri sekitar 200 ribu rupiah," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah mengenai aksi pencurian kotak amal, Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri menerangkan, petugas sudah melakukan proses lidik dan sudah mengantongi bukti. Dalam waktu dekat pihaknya berjanji akan menangkap pelaku.

"Iya, ini dalam proses lidik dan kita sudah punya bukti," pungkas Kasatreskrim.

Diketahui sebelumnya, aksi pencurian selama wabah corona tak hanya di Masjid Nurul Amal. Akan tetapi, peristiwa serupa juga terjadi di kompleks Makam Sunan Gesing, Desa Gesing, dan di Sunan Bejagung, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. (gun/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...