Masjid Al-Akbar Surabaya Tiadakan Salat Jumat, Para Jamaah Langsung Balik

Masjid Al-Akbar Surabaya Tiadakan Salat Jumat, Para Jamaah Langsung Balik Masjid Nasional Al-Akbar Kota Surabaya tampak lengang hari ini, Jumat (17/4/2020). Biasanya parkir mobil meluber sampai di luar pagar masjid. foto: MA/ BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr. KH. Muhammad Sujak, Kepala Badan Pengelola Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya akhirnya memutuskan meniadakan salat Jumat untuk sementara waktu. Peniadaan sementara salat Jumat itu terhitung mulai hari ini, Jumat (17/4/2020), sampai situasi kondusif. 

Padahal selama ini masjid yang terletak di kawasan Gayungan Surabaya itu selalu menggelar salat Jumat dengan SOP ketat, meski covid-19 melanda kota Surabaya.

Pantauan BANGSAONLINE.com, masjid nasional yang pengelolaannya di bawah Pemprov Jawa Timur itu kini lengang. Hanya ada beberapa petugas keamanan berjaga-jaga, termasuk aparat kepolisian di beberapa sudut masjid.

Beberapa mobil yang dikendarai jamaah salat Jumat langsung balik ketika melihat pintu pagar masjid ditutup. Dari kejauhan petugas keamanan masjid juga memberi isyarat dengan tangannya bahwa jumatan libur.

Di beberapa billboard yang dipasang di beberapa pintu Masjid Al-Akbar ditulis, "Ya Allah. Semoga Corona hilang agar bisa shalat Jumat lagi".

Muhammad Sujak menuturkan bahwa peniadaan sementara salat Jumat  ini karena mematuhi aturan pemerintah. Apalagi dalam beberapa hari ini, korban virus corona di kota Surabaya terus bertambah. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO